Portugal merupakan negara dengan tingkat konsumsi ikan yang cukup tinggi.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menjajaki potensi kerja sama dengan  Portugal di sektor kelautan dan perikanan, khususnya yang berkaitan dengan industri pengolahan ikan.

"Portugal merupakan negara dengan tingkat konsumsi ikan yang cukup tinggi," kata Menteri Trenggono dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Selain itu, ujar dia, terdapat beberapa industri perikanan ikan kaleng skala besar yang tentunya membutuhkan bahan baku berkualitas.

Baca juga: MSC-KKP kolaborasi perbaikan perikanan berkelanjutan di lima wilayah

Menteri Kelautan dan Perikanan RI telah membahas hal ini saat bertemu dengan Duta Besar Portugal untuk Indonesia, Maria Joao Falcao Poppe Lopes Cardoso dan Duta Besar RI untuk Portugal, Rudy Alfonso di Jakarta, 15 Desember 2021.

Berdasarkan data dari KKP, beberapa produk perikanan Indonesia yang laris di pasar global adalah udang, tuna cakalang tongkol, rajungan kepiting, cumi sotong gurita, serta rumput laut.

Negara pengimpor terbesar produk perikanan Indonesia adalah Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, ASEAN, dan Uni Eropa (Portugal termasuk salah satu negara di kawasan Uni Eropa).

Baca juga: KKP-PT PJB Paiton jajaki kerja sama konservasi perikanan

Menteri Trenggono mengatakan, Indonesia juga terbuka dengan investasi untuk percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Untuk mendorong akselerasi tersebut, KKP telah menyiapkan program terobosan berupa kebijakan penangkapan terukur.

Ia mengemukakan bahwa kebijakan penangkapan dengan sistem zonasi dan kuota tersebut sebagai upaya menyeimbangkan antara kepentingan ekologi dan ekonomi.

Di samping itu, masih menurut dia, kebijakan tersebut untuk menjamin kualitas produk perikanan yang dihasilkan.

"Industri perikanan sedang kami tingkatkan pertumbuhannya, dan peluang ini terbuka selama tidak mengganggu kelestarian ekologi," ujar Menteri Trenggono dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: KKP: 70 persen tangkapan ikan tuna Indonesia dari nelayan kecil

Indonesia dan Portugal sejauh ini belum memiliki perjanjian kerja sama kelautan dan perikanan, namun sama-sama terlibat dalam pembentukan High Level Panel for an Economy Sustainable Development of the Oceans pada tahun 2018. Dua negara maritim ini juga saling mendukung dan memperjuangkan isu-isu kemaritiman, khususnya tentang kesehatan laut.

Potensi kerja sama bahkan tidak hanya di bidang ekonomi, tapi juga lingkungan, infrastruktur maritim, teknologi perikanan budidaya, hingga budaya maritim dan pembangunan kapasitas sumber daya manusia, termasuk perlindungan pekerja migran Indonesia ABK kapal perikanan Portugal.

Sementara itu, Duta Besar Portugal Maria Joao Falcao Poppe Lopes Cardoso menilai kerja sama dua negara memang sangat potensial. Untuk itu, dia akan menyampaikan hasil dialog dengan Menteri Trenggono ke pemerintahannya.

Dubes Portugal juga mengundang Menteri Trenggono untuk menghadiri UN Ocean Conference yang akan diselenggarakan di Lisabon pada 27 Juni - 1 Juli 2022.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021