Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membangun sejumlah fasilitas riset pada 2022 untuk melengkapi berbagai infrastruktur riset dalam rangka mempercepat pengembangan riset dan proses hilirisasi hasil riset dan inovasi kepada masyarakat.

"Kami masih fokus melengkapi infrastruktur riset strategis nasional tahun depan," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam Webinar Akhir Tahun dan Penganugerahan Jurnalis dan Media BRIN 2021 di Jakarta, Rabu.

Pada 2022, BRIN akan membangun sejumlah fasilitas riset yang berlokasi di Cibinong, Jawa Barat, di antaranya berupa fasilitas laboratorium animal biosafety level-3 dan laboratorium berstandar Cara Pembuatan Obat yang Baik untuk memproduksi vaksin.

Di Lampung, BRIN akan membangun Fasilitas Laboratorium Pengolahan Mineral Lokal Strategis Berbasis Teknologi Low-Cost dan Zero Waste dan Gedung Inkubasi dan Laboratorium Integrasi Layanan Data dan Informasi Penginderaan Jauh.

Baca juga: BRIN bangun fasilitas riset pengujian praklinis untuk hewan makaka

Baca juga: BRIN perkuat fasilitas riset industri laut di Nusa Tenggara Barat


Sedangkan di Biak di Papua, BRIN akan membangun Fasilitas Stasiun Bumi Pengendali dan Penerima Data Satelit.

Selain itu, BRIN fokus untuk pembangunan kapal riset melengkapi kebutuhan armada kapal riset di Tanah Air.

BRIN juga terus meningkatkan pemanfaatan riset dan inovasi di masyarakat dengan penguatan kerja sama pemanfaatan riset dan inovasi dengan industri.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi antara penghasil riset dan inovasi dengan para pengguna.

Handoko mengatakan sebagai lembaga penelitian yang terintegrasi, BRIN memiliki berbagai skema peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) maupun pemanfaatan infrastruktur yang ada.

BRIN terus melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) kualifikasi pendidikan S2 dan S3, pengembangan kompetensi SDM riset dan inovasi, dan pembinaan fungsional dan profesi SDM riset dan inovasi.

Baca juga: BRIN bangun gedung genomik untuk riset sains kehidupan dan lingkungan

Baca juga: Kepala BRIN tinjau kesiapan fasilitas riset

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021