Medan (ANTARA) - Enam mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi IKO) FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memaparkan hasil penelitiannya dalam konferensi internasional bertajuk Youth Communication Day (YCD) 2021 yang diselenggarakan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Ketua Prodi IKO FISIP UMSU, Akhyar Anshori di Medan, Selasa, mengatakan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan itu merupakan momentum guna memenuhi indikator tuntutan kinerja dalam mempertahankan akreditasi Unggul yang telah diraih Ilmu Komunikasi.

Tahun ini merupakan tahun kedua Prodi IKO UMSU diberikan kesempatan turut serta menjadi Co-Host kegiatan.

Baca juga: 210 mahasiswa UMSU lolos seleksi Program Kampus Mengajar

Baca juga: Rektor lUMSU lepas mahasiswa Fakultas Kedokteran ke Irlandia


"Kegiatan yang dirangkai dengan Workshop Digital Marketing dan Contest Creator ini tentu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat lebih dalam menggali pengetahuan, mengasah keterampilan dan mampu membangun jaringan dengan seluruh peserta kegiatan," katanya.

Kegiatan yang berlangsung daring ini dilaksanakan selama enam, mulai 13 Desember hingga 18 Desember 2021.

Keenam mahasiswa Prodi IKO FISIP UMSU itu adalah Muhammad Daffa Gunawan, Qarin Ensri Hidayat, Wahyudi Ramadhan Samosir, Nindia Aflarisa, Muhammad Yusuf Imfazu, dan Dinda Ayu Lestari.

Kegiatan ini diikuti berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Buton, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Selain itu, juga ada beberapa perguruan tinggi luar negeri, seperti Chulalongkorn University Thailand, University of Saint Anthony Philippines, Suryadatta Institute of Management and Mass Communication India.

Pada hari pertama, dari Laboratorium SosPol FISIP UMSU, para mahasiswa itu memaparkan hasil penelitiannya di hadapan penguji dan peserta konferensi internasional.

Muhammad Daffa Gunawan dan Qarin Ensri Hidayat dengan dosen pendamping Sigit Hardiyanto, S.Sos, M.I.Kom, memaparkan hasil penelitian berjudul Slum Area Family Communication in Shaping Children's Personality during the COVID-19 Pandemic.

Baca juga: Pengabdian masyarakat digelar 25 dosen UMSU di lembaga dan pemda

Wahyudi Ramadhan Samosir dan Nindia Aflarisa dengan dosen pendamping Fadhil Pahlevi Hidayat, S.I.Kom, M.I.Kom dan Faizal Hamzah Lubis, S.Sos, M.I.Kom memaparkan hasil penelitian berjudul Understanding Cyberbullying on Social Media for Youth in the Coastal Areas of Pematang Guntung Village.

Sedangkan Muhammad Yusuf Imfazu dan Dinda Ayu Lestari dengan dosen pendamping Akhyar Anshori, S.Sos, M.I.Kom, memaparkan hasil penelitian berjudul The impact of Online Learning for the Growth and Development of Junior High School Students in Medan.

Dekan FISIP UMSU, Dr. Arifin Saleh, S.Sos, MSP mengatakan keterlibatan FISIP UMSU menjadi Co-Host kegiatan selama dua tahun berturut-turut menunjukkan bahwa FISIP dan Rektorat UMSU senantiasa mendukung kegiatan yang terkait dengan penguatan dan implementasi kerja sama antarperguruan tinggi.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021