Kami berangkat Selasa (7/12/2021) langsung ketemu Filantra, lalu serahkan sembako di pendopo Lumajang. Setelah itu, kami bekerja sama dengan ACT
Lumajang (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) membantu korban terdampak letusan Gunung Semeru, Jawa Timur, dengan menyediakan kebutuhan logistik hingga perlengkapan medis.

Koordinator Tim Relawan PGN Septian mengatakan pihaknya bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan dalam menyalurkan bantuan dan donasi, yaitu Filantra dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

"Kami berangkat Selasa (7/12/2021) langsung ketemu Filantra, lalu serahkan sembako di pendopo Lumajang. Setelah itu, kami bekerja sama dengan ACT," katanya di Lumajang, Jatim, Jumat.

Tim relawan PGN yang beranggotakan lima orang bertugas di posko logistik pendistribusian makanan dan minuman, melakukan survei ke daerah terdampak erupsi serta mengirimkan bantuan.

Beberapa perlengkapan medis yang dipersiapkan, antara lain masker, obat-obatan, dan oksigen.

Sebelumnya, Gunung Semeru meletus dan memuntahkan awan panas pada Sabtu (4/12/2021). Aliran awan panas mengarah ke Curah Kobokan dan menyapu permukiman warga di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM saat ini masih menetapkan status Gunung Semeru berada pada level II atau waspada.

Pemerintah menjelaskan kesimpulan status itu dinilai dari hasil pemantauan visual dan instrumental, serta mengamati potensi ancaman bahaya.

Masyarakat diminta tidak mendekati area gunung dan mewaspadai potensi bencana.

Baca juga: PGN-JPEN kerja sama penuhi kebutuhan gas kawasan industri di Jateng
Baca juga: PGN sepakati sembilan penjanjian jual beli gas
Baca juga: PGN perkuat infrastruktur dan pasokan gas bumi, dukung transisi energi

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021