Jakarta (ANTARA/JACX) - Narasi tentang penghapusan pegawai negeri sipil (PNS) pada sepuluh tahun mendatang dibagikan oleh seorang pemilik akun Facebook pada 27 November 2021.

Tangkapan layar dengan keterangan "KIAMAT PNS SEMAKIN DEKAT" turut ditautkan, dalam unggahan yang telah direspon 22 pengguna Facebook hingga Rabu (1/12).

Sang pengunggah pun menambahkan narasi sebagai berikut pada lini masa media sosialnya:
"Kata nya 10 tahun lagi PNS tidak dibutuhkan lagi... Ya mudah2an 9 tahun lagi kiamat jadi tak sempat direalisasikan...".

Lalu, benarkah PNS bakal dihilangkan pada 10 tahun mendatang?
 
Tangkapan layar narasi yang menyebutkan bahwa PNS bakal dihilangkan 10 tahun lagi (facebook)


Penjelasan:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama membantah narasi soal penghapusan PNS tersebut.

"Tidak (dihilangkan), tetap ada PNS, tapi jumlahnya tidak gemuk atau besar," kata Satya dikutip detik.com.

Pemerintah, lanjut Satya, akan lebih banyak menggunakan teknologi digital dalam memberikan pelayanan kepada publik. Dengan demikian, jumlah PNS akan dirampingkan dan dikurangi secara bertahap.

Rencana PNS digantikan robot pertama kali diungkap oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Musrenbagnas RPJMN 2020-2024 pada akhir 2019.

"Saya sudah perintahkan juga ke Men-PAN (Eselon III dan IV) diganti dengan AI. Kalau diganti artificial intelligence, birokrasi kita lebih cepat. Saya yakin itu," kata Presiden Jokowi.

Klaim: PNS bakal dihilangkan 10 tahun lagi
Rating: Hoaks

Baca juga: Ketua Umum Korpri: PNS berkualitas tak akan tergantikan dengan robot

Baca juga: Wakil ketua MPR prihatin puluhan ribu PNS jadi penerima bansos

Baca juga: Menteri Tjahjo dorong Polda Metro Jaya bongkar jaringan calo CPNS

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021