Serangan ulat bulu di Kabupaten Sarolangun itu tidak menyerang tanaman"
Jambi (ANTARA News) - Ulat bulu menyerang pemukiman warga di Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, 280 km dari kota Jambi yang berada di Pulau Sumatera.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Sarolangun, Hardiono di Jambi, Selasa mengatakan, ribuan ulat bulu itu menyerang pemukiman warga dan tempat ibadah.

"Serangan ulat bulu di Kabupaten Sarolangun itu tidak menyerang tanaman, namun menyerang rumah warga dan tempat ibadah," katanya.

Ia menyebutkan, laporan dari warga setempat sejak tiga hari terakhir ulat bulu menyerang rumah-rumah mereka, namun tidak sebanyak yang terjadi di pulau Jawa.

Anehnya ulat bulu di Sumatera ini tidak menyerang tanama, termasuk tanaman palawija di kabupaten itu.

Mungkin karena kebanyakan yang ditanam di daerah ini adalah kelapa sawit. Diakui ada satu dua tanaman yang diserang ulat bulu dan itu adalah pohon mangga.

Hardiono mengatakan, mereka telah mengerahkan sejumlah petugas untuk menyemprot ulat-ulat itu dengan pembasmi serangga atau insektisida.

"Petugas juga tengah mengamati dan meneliti jenis ulat bulu tersebut, yang berkembang biak pada malam hari," kata Hardiono.(*)

M037/Y006

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011