Palembang (ANTARA News) - Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya Universitas Sriwijaya, di Palembang, Sumatera Selatan menggelar pelatihan jurnalistik bagi 25 orang anggota baru yang akan menjadi pengelola selanjutnya.

Menurut Pemimpin Umum/Penanggungjawab Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gelora Sriwijaya Universitas Sriwijaya (Unsri), Triyatno, didampingi beberapa Stafnya, di Palembang, Minggu, pelatihan itu dilaksanakan selama tiga hari, Jumat (15/4) hingga Minggu ini.

"Peserta pelatihan adalah anggota LPM Gelora Sriwijaya hasil rekrutmen baru yang telah dinyatakan lulus seleksi," kata mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsri itu pula.

Pembekalan khusus bagi anggota baru pengelola LPM Gelora Sriwijaya Unsri itu diperlukan, sehingga mereka benar-benar menjadi siap dan terampil mengelola dan memajukan lembaga pers mahasiswa ini, kata dia.

Selama pelatihan, peserta selain mendapatkan ceramah dan dialog dari sejumlah narasumber praktisi media massa termasuk dari LKBN ANTARA Biro Sumsel, juga materi dari penulis serta pengurus LPM Gelora Sriwijaya Unsri.

"Peserta pelatihan diharuskan menginap dan mendapatkan pula bekal penguatan motivasi dan mental sebagai pengelola pers mahasiswa yang handal," kata Triyatno pula.

Dia mengakui, saat ini relatif sulit untuk bisa mendapatkan calon pengelola pers mahasiswa di kampusnya dari kalangan mahasiswa setempat yang memiliki minat dan bakat di bidang jurnalistik itu.

"Apalagi kecenderungan mahasiswa sekarang ingin cepat lulus dan enggan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan umumnya," ujar dia.

Padahal seharusnya selain belajar dan harus menyelesaikan kuliah tepat waktu, mahasiswa perlu membekali diri dengan aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan sehingga setelah lulus bisa menjadi lebih matang serta berguna nantinya saat terjun ke masyarakat setelah lulus, kata dia lagi.

LPM Gelora Sriwijaya Unsri menerbitkan buletin mahasiswa "Gelora Sriwijaya" dan mengelola situs online: www.pers-unsri.com, serta menerbitkan pula majalah tahunan.

Dia berharap, para mahasiswa di kampusnya dapat lebih antusias terjun dalam kegiatan kemahasiswaan termasuk bergabung sebagai pengelola pers mahasiswa itu, serta pihak rektorat dan kampusnya dapat memberikan dukungan fasilitas serta kemudahan yang diperlukan untuk menggiatkan aktivitas kemahasiswaan tersebut.

Selain LPM Gelora Sriwijaya, pelatihan jurnalistik serupa juga digelar Fakultas Hukum Unsri yang juga mengelola penerbitan mahasiswa tingkat fakultas tersendiri.

"Kami juga sedang melaksanakan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan lembaga pers mahasiswa FH Unsri," kata salah satu panitia dan pengelola pers mahasiswa FH Unsri, Zainul Hakim. (B014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011