Boston (ANTARA News) - LeBron James mendapat saham minoritas klub sepakbola Liverpool, Kamis, setelah perusahaan pemasaran olahraganya bermitra dengan Fernway Sports Group (FSP).

FSG yang adalah pemilik Liverpool FC, Boston Red Sox, New England Sports Network (NESN) dan 50 persen saham ajang 'Roush Fenway Racing' yang diorganisir NASCAR, akan bermitra dengan perusahaan James, LRMR Branding & Marketing, untuk menjadi wakil eksklusif perusahaan itu untuk tingkat dunia bagi sang bintang All Star dari Miami Heat itu

Fernway Sports Management (FSM), lini pemasaran FSG yang membutuhkan sponsor untuk properti FSG, akan bekerjasama dengan LRMR untuk mencarikan peluang pemasaran dan sponsor global untuk James, yang adalah salah seorang dari deretan olahragawan terkenal di dunia.

Sebagai bagian dari kesepakatan, James akan mengakuisisi Liverpool FC yang ditempatkan oleh majalah Forbes pada peringkat enam tim sepakbola paling bernilai di dunia.

Kedua pihak menolak memberi rincian keuangan untuk jumlah saham James di Liverpool.

"Kami tidak melihat ini sebagai sebuah kesepakatan representasi bakat atau manajemen atletl, berdasarkan struktur hubungan ini," kata presiden FSM Sam Kennedy kepada Reuters.

"Kami melihatnya lebih sebagai mitra bisnis yang kami bentuk antara dua perusahaan. Peran kami terletak pada pengembangan bisnis dan menjual merek LeBron James kepada pasar perusahaan sebagaimana kami menjual Boston Red Sox, Liverpool, Roush Fernway. LeBron menambahkan 'brand' bagus untuk portofolio kami."

CEO LRMR Maverick Carter, teman sekolah dari bintang NBA itu, mengatakan keberhasilan FSM telah menarik mereka untuk bermitra.

"Apapun yang melibatkan orang-orang ini, bekerja dan berhasil," kata Carter. "Masalanya mereka itu adalah pemilik dan itulah yang diinginkan LeBron. Mereka adalah pemilik dan operator serta benar-benar bagus kerjanya."

Pemimpin FSG Tom Werner mengatakan kemitraan menargetkan kemunculan pasar internasional yang tengah berkembang seperti Asia yang menyimpan kesempatan yang tidak mampu diwujudkan sendiri.

"Tujuan kami di Fernway Sports Group adalah menjadi perusahaan olahraga dan hiburan paling bergengsi di dunia dan kami telah mengambil langkah langkah besar untuk tujuan itu saat kami mencapai kesepakatan Liverpool," kata Kennedy.

"Ini adakag peluang untuk melanjutkan jalan demi mengubah Fernway Sports Group menjadi salah satu perusahaan olahraga dan hiburan paling bergengsi di dunia." (*)

Neny

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011