London (ANTARA News) - Sebuah koleksi surat cinta pertama yang ditulis oleh mendiang Elizabeth Taylor di kala muda dikabarkan akan dijual melalui lelang.

Seperti dikutip dari laman BBC, sebanyak 66 surat yang ditulis oleh aktris lawas itu ditujukan kepada  kekasih pertamanya, Wiliam Pawley, anak mantan duta besar AS, Ketika itu Liz Taylor berusia 17 tahun.

Surat itu dibuat antara Maret dan November 1949. Surat-surat itu memberikan gambaran awal ketika Elizabeth mulai menuju kepopulerannya di Hollywood.

Aktris itu meninggal pada usia 79 tahun di Los Angeles bulan lalu setelah ia mengidap penyakit hati. Dalam sebuah surat tertanggal 28 Maret, Elizabeth  menulis, "Saya ingin hati kami saling memiliki lewat keabadian."

"Saya ingin kita selalu menjadi kekasih, bahkan setelah kita menikah selama 75 tahun dan setidaknya memiliki selusin cucu,"

Dalam surat lainnya ia mengatakan kepada Pawley ia sepenuhnya yakin bahwa, kekasihnya itu adalah satu satunya "pria di dunia ini yang pernah saya cintai."

Di bulan September, aktris itu menulis mengenai pengembalian cincin pertunangannya yang diminta oleh kekasishnya, tetapi enggan muncul untuk mengakhiri hubungannya dan mengatakan "saya tahu dengan seluruh hati dan jiwaku bahwa ini bukan akhir dari hubungan kita."

Pemenang Oscar itu kemudian tercatat pernah menikahi tujuh laki-laki. Koleksi -koleksi surat itu dikumpulkan dua tahun yang lalu dari Pawley, yang kini sudah pensiun, ujar juru bicara lelang RR.

"Kami jarang menemui koleksi sekaya ini, surat surat itu dalam kondisi aslinya," ujar Bobby Livingston. "William Pawley secara jelas menyukai surat -surat itu selama bertahun tahun"

Lelang online itu akan dilakukan pada 12 dan 19 Mei 2011.
(*)
 

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011