Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy K Harinto mengatakan jenis atau merk motor para pebalap pada ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tidak akan jauh beda dengan merk motor yang dipakai untuk MotoGP.

Menurut dia, merk motor yang dipakai pada ajang balapan WSBK itu, di antaranya Honda CBR1000 RR-R 2021, Yamaha YZF-R1 2021, Ducati Panigale V4 R 2021, BMW M 1000 RR 2021 dan motor jenis Kawasaki Ninja ZX-10RR 2021. 

"Jenis motor yang datang itu mulai dari 500cc sampai 1000cc. Itu yang digunakan pada Superbike World Championship Pirelli Indonesian Round yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International, 19-21 November 2021 mendatang," kata Happy di Praya, Selasa.

Baca juga: MGPA kejar penyelesaian fasilitas pendukung dan logistik jelang WSBK 

Lebih lanjut, ia menuturkan logistik untuk kebutuhan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan WSBK itu telah tiba tadi malam di Bandara Lombok, yang dibawa langsung dengan menggunakan pesawat dari Doha, Qatar, dan Selasa siang tadi tiba satu pesawat lagi yang membawa kebutuhan logistik.

"Logistik itu dibawa secara bergelombang, baik melalui jalur transportasi udara maupun jalur trasnportasi air," ujar Happy.

Ia menyebutkan pesawat logistik itu telah tiba di Bandara Lombok dan dibawa dengan menggunakan truk container menuju Sirkuit Mandalika. Logistik tersebut, di antaranya sepeda motor para pebalap, peralatan motor, sparepart, alat telekomunikasi, peralatan TV, peralatan video dan Official Mobility Partner serta logistik dari Dorna.

Sedangkan untuk logistik yang dibawa dari jalur transportasi air, antara lain ban, oli dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Jumlah motor pebalap yang telah tiba itu ada 70 unit dan 26 motor untuk IATC,” tutur Happy.

Baca juga: RSUD Provinsi NTB siapkan 356 nakes untuk WSBK 

Sementara itu, ia mengungkapkan kru dan para pebalap IATC dan WSBK telah berada di Indonesia. Saat ini mereka dikarantina di Jakarta selama tiga hari. Selesai karantina, mereka akan dibawa menuju Lombok melalui Bandara Lombok sebelum balapan dimulai.

“Setelah tiba di Lombok, baru mereka melakukan persiapan untuk balapan atau latihan di sirkuit,” ungkap Happy.

Seperti diketahui, para pembalap IATC akan menggunakan Honda NSF250R. Kendaraan ini didukung tenaga mesin 4-tak berpendingin cairan, silinder tunggal, dengan bore dan stroke 78,0 x 52,2 mm. Kapasitas mesin motor ini adalah 249,3cc yang dirancang khusus untuk tujuan balap. 

Baca juga: Tim terpadu tanggap darurat gelar simulasi menjelang WSBK 
Baca juga: Sebanyak 2.400 personel TNI amankan balap motor di Sirkuit Mandalika 

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021