Angka 1,31 juta lebih itu merupakan capaian cakupan dari semua kelompok sasaran vaksinasi COVID-19 di Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan cakupan vaksinasi di provinsi itu telah mencapai 1,31 juta jiwa, namun angka itu masih jauh dari target yang ingin dicapai pemerintah hingga akhir 2021 sebanyak empat juta lebih.

“Angka 1,31 juta lebih itu merupakan capaian cakupan dari semua kelompok sasaran vaksinasi COVID-19 di Aceh,” kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Selasa.

Hingga kini, data Satgas COVID-19 Aceh menunjukkan vaksinator telah menyuntik dosis pertama bagi 1.310.919 penduduk Aceh atau 32,5 persen, dan 711.534 orang di antaranya telah menuntaskan hingga dosis kedua.

Baca juga: 36.219 orang di Aceh sembuh dari COVID-19

Secara keseluruhan, Pemerintah Aceh menargetkan vaksinasi terhadap 4.028.891 orang penduduk daerah Tanah Rencong, sebagai upaya percepatan terbentuknya kekebalan kelompok.

"Kita targetkan cakupan vaksinasi COVID-19 di Aceh minimal mencapai 70 persen hingga akhir 2021," kata Saifullah.

Saat ini, Pemerintah Aceh terus menggencarkan sosialisasi dan konsolidasi dengan pemerintah kabupaten/kota, termasuk informasi vaksinasi hingga ke tingkat desa untuk percepatan cakupan vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Dinkes: Aceh Jaya kehabisan stok vaksin

Selain itu, pendekatan yang sedang dilakukan Pemerintah Aceh yakni percepatan vaksinasi pelajar dan santri dayah. Maka dibutuhkan komunikasi persuasif dari ulama dan pimpinan dayah agar masyarakat tidak takut divaksinasi.

"Dengan langkah-langkah yang dilakukan ini harapan kita bisa tercapai 70 persen. Dengan gerakan masif, partisipasi banyak pihak, diharapkan terjadi akselerasi hingga target itu tercapai," katanya.

Baca juga: Kadinkes: Aceh mulai kehabisan stok vaksin

Saifullah menjelaskan, kelompok sasaran vaksinasi Aceh meliputi tenaga kesehatan, lanjut usai (lansia), petugas pelayanan publik, masyarakat rentan dan umum, serta kelompok remaja usia 12 – 17 tahun.

Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, kata dia, Banda Aceh menjadi daerah dengan cakupan persentase vaksinasi tertinggi yang mencapai 83,9 persen penerima dosis pertama dan sekitar 58,7 persen penerima dosis kedua.

"Sedangkan cakupan vaksinasi paling rendah masih di kalangan penduduk Aceh Utara. Di kabupaten padat penduduk ini vaksinasi dosis pertama baru sekitar 19,1 persen dan cakupan dosis kedua baru sekitar 8,5 persen," katanya.

Baca juga: Hadiah kerbau untuk 2 desa di Simeulue karena vaksinasi 100 persen

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Kulon Progo capai 83,44 persen 



#ingatpesanibu 
#sudahdivaksintetap3M 
#vaksinmelindungikitasemua 
 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021