Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Barat menyerahkan bantuan kedaruratan kepada para korban banjir di sejumlah wilayah, terutama Kecamatan Silat Hilir.

"Tim BPBD Kapuas Hulu turun langsung ke lokasi banjir dan menyerahkan sejumlah bantuan, terutama di Kecamatan Silat Hilir," kata Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan di Putussibau, Senin. 

Bantuan berupa beras dan sejumlah paket sembako akan kembali disalurkan ke sejumlah kecamatan yang masih teredam banjir.

"Kami sudah turun ke Silat Hilir dan beberapa desa di kecamatan lainnya, sampai saat ini kami masih menunggu data valid dari pihak kecamatan dan desa di daerah masing-masing," katanya.

Baca juga: Banjir rendam lima kecamatan di Kapuas Hulu dan Silat Hilir terparah

Hingga saat ini, banjir masih merendam lima kecamatan di pesisir Sungai Kapuas dengan ketinggian air dua hingga tiga meter dari permukaan tanah. Tercatat 8.652 jiwa di daerah itu terdampak banjir.

"Data sementara saat ini 8.652 jiwa terdampak banjir, tentu akan ada penambahan data mengingat debit air masih naik di pesisir Sungai Kapuas," kata dia.

Dia menyebut beberapa desa di lima kecamatan yang saat ini masih terendam banjir, yakni Silat Hilir, Selimbau, Semitau, Jongkong, dan Batang Lupar, sedangkan untuk Kecamatan Badau kondisi banjir sudah surut.

Banjir yang terjadi sejak Kamis (4/11) merendam 1.084 rumah warga. Rata-rata warga terdampak banjir memilih untuk tinggal di rumahnya dengan membuat panggung.

"Kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, apabila ada warga yang ingin mengungsi dan kami juga selalu siap apabila diperlukan untuk melakukan evakuasi," ucap Gunawan.

Baca juga: Banjir rendam Silat Hilir dan Badau perbatasan Indonesia-Malaysia
Baca juga: Banjir rendam sejumlah daerah di Kapuas Hulu, warga diminta waspada
Baca juga: Tinjau lokasi banjir, Bupati Kapuas Hulu minta warga tetap waspada

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021