Jakarta (ANTARA/JACX) - "Barcelona tunjuk Luhut Panjaitan seabgai pelatih menggantikan Ronald Koeman", demikian judul konten foto tangkapan layar yang menyerupai situs berita daring (online) di Facebook.

Salah satu akun Facebook mengunggah foto tangkapan layar itu pada 29 Oktober 2021. Di dalamnya terdapat foto Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang tampak sebagai foto pelengkap berita. Dalam unggahan itu, tampak pula keterangan waktu berita itu yaitu Kamis, 28 Oktober 2021.

Sang pemilik akun menambahkan keterangan sebagai berikut:

"Catalunya – Barcelona telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih kepala setelah kepergian Ronald Koeman, kata klub Liga Spanyol itu dalam sebuah pernyataan, Kamis (28/10/2021).

Koema dipecat setelah Barca kalah 1-0 dari Rayo Vallecano pada Rabu. Kekalahan keempat mereka dalam enam pertandingan di semua kompetisi.

(Luhut) akan mengambil posisi sebagai pelatih kepala tim utama penuh waktu untuk menggantikan.."


Namun, benarkah terdapat berita yang menyebut Menko Marves Luhut akan menjadi pelatih klub bola Barcelona?
 
Tangkapan layar konten hoaks yang menyebut Luhut Binsar Pandjaitan menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona. (Facebook)


Penjelasan:
Konten menyerupai berita daring yang menyebut Menko Marves Luhut B. Pandjaitan sebagai pelatih pengganti Ronald Koeman di Barcelona itu merupakan konten menyesatkan.

Tangkapan layar itu berasal dari berita milik BeritaSatu.com yang telah mengalami penyuntingan judul. Berita asli berjudul "Barcelona Tunjuk Sergi Barjuan Jadi Pelatih Sementara."

Berita asli di BeritaSatu memang punya keterangan waktu Kamis, 28 Oktober 2021.

Selain itu, tidak ada keterangan resmi dari Barcelona ataupun langsung dari Menko Luhut yang dapat mengonfirmasi penunjukannya jadi pelatih klub asal Spanyol itu.


Klaim: Barcelona tunjuk Luhut sebagai pengganti Ronald Koeman
Rating: Salah/Hoaks

Cek fakta: Hoaks, Luhut berobat ke Belgia karena positif COVID-19

Baca juga: Barcelona tunjuk Sergi Barjuan sebagai pelatih sementara

Baca juga: Dirumorkan akan latih Barcelona, Xavi tegaskan fokus kepada Al Sadd

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2021