Mumbai (ANTARA News) - Penjualan mobil di India melonjak 23 persen pada Februari dibanding tahun sebelumnya, data industri memperlihatkan Rabu.

Para pembeli cepat sekali mengambil model-model baru di pasar mobil yang sedang booming disebabkan pinjaman murah, demikian AFP melaporkan.

Penjualan mobil bulan lalu melonjak 22,6 persen menjadi 189.008 dari 154.132 setahun sebelumnya, menurut data Asosiasi Pabrik Mobil India (SIAM).

Penjualan motor pada periode yang sama tumbuh 21 persen menjadi 776.051 unit dari 642.419 dimana penjualan kendaraan komersial -- indikator ekonomi penting -- tumbuh di atas 10 persen.

India berubah menjadi medan laga pabrikan kendaraan global seperti Ford, Renault-Nissan, General Motors dan Volkswagen, yang semuanya meluncurkan model-model baru di negara itu.

Tersedianya pembiayaan yang gampang dan model-model baru telah menguatkan pertumbuhan penjualan kendaraan, namun para analis mengatakan penjualan mobil dapat berubah moderat dalam bulan-bulan mendatang, karena suku bunga dan harga bahan bakar diperkirakan akan naik tidak lama lagi.

Penjualan kendaraan penumpang dan komersial naik terus karena India dengan cepat pulih dari kelesuan global dan kekayaan kelas menengah negara itu meningkat.

Pasar India, ketiga terbesar di Asia, diproyeksikan akan tumbuh tiga kali lipat selama dekade mendatang menjadi enam juta mobil setahun dari dua juta saat ini, menurut estimasi industri. (ANT/K004)

Pewarta: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011