US CDC di Atlanta mengkategorikan Indonesia sebagai wilayah hijau
Jakarta (ANTARA) - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat mengkategorikan Indonesia sebagai negara aman untuk dikunjungi kata juru bicara pemerintah.

"US CDC di Atlanta mengkategorikan Indonesia sebagai wilayah hijau atau negara dengan insiden COVID-19 yang rendah dan aman untuk dikunjungi," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanggulangan COVID-19 Reisa Broto Asmoro dalam siaran pers PPKM yang diikuti dari kanal YouTube FMB9 di Jakarta, Jumat sore.

Reisa mengatakan pengakuan itu merupakan buah dari hasil gotong royong pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam upaya pengendalian dan pencegahan penyakit COVID-19.

Meski menjadi negara dengan kategori aman, kata Reisa, namun CDC tetap meminta pelancong dari Amerika Serikat yang akan ke Indonesia sudah harus divaksin lengkap.

"CDC juga mengimbau bagi warga Amerika yang akan ke Indonesia harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk menggunakan masker dan menjaga jarak," ujarnya.

Reisa mengatakan situasi di Indonesia sangat baik di tingkat nasional maupun provinsi, secara umum terjadi penurunan tren kasus baru mingguan sebesar 23 persen dan terjadi penurunan jumlah kematian sebesar 16 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Laporan Kementerian Kesehatan RI menyampaikan saat ini lebih dari 4 juta orang Indonesia yang terinfeksi COVID-19, namun 96,3 persen dinyatakan sembuh dan kasus aktif Indonesia berada di tingkat di bawah 1 persen.

Baca juga: Meniadakan libur bersama agar COVID-19 mereda

Baca juga: Ahli: Di AS lepas masker karena jenis vaksin berbeda dengan Indonesia

Baca juga: AS akan perbarui definisi "vaksinasi lengkap" COVID-19

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021