Selama tiga hari pelaksanaan TEI-DE ke-36 telah dilakukan sebanyak 41 penandatanganan MoU. Nilai total penandatanganan MoU tersebut sebesar 802,38 juta dolar AS dan dilakukan dengan 12 negara
Jakarta (ANTARA) - Memasuki hari ketiga, Trade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition (TEI-DE) berhasil membukukan capaian transaksi 802,38 juta dolar AS.

Capaian itu sangat membanggakan sehingga target transaksi TEI-DE sebesar 1,5 miliar dolar AS atau Rp21,1 triliun optimistis dapat tercapai.

“Selama tiga hari pelaksanaan TEI-DE ke-36 telah dilakukan sebanyak 41 penandatanganan MoU. Nilai total penandatanganan MoU tersebut sebesar 802,38 juta dolar AS dan dilakukan dengan 12 negara,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Minggu.

Didi menyampaikan hal itu usai menyaksikan penandatanganan MoU antara perusahaan Indonesia dengan Italia untuk produk makanan dan minuman senilai 200 ribu dolar AS, pada Sabtu (23/10).

Gelaran TEI-DE yang mengusung tema ‘Reviving Global Trade’ resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara hibrida di Jakarta, pada Kamis (21/11).

Pameran berskala internasional tersebut dijadwalkan berlangsung selama 14 hari pada 21 Oktober-4 November 2021 secara daring dan showcase produk akan digelar hingga 20 Desember 2021.

Selain Didi, penandatanganan dengan perusahaan Italia yang berlangsung secara virtual disaksikan juga oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Italia Esti Andayani.

“Kemendag mengapresiasi Duta Besar RI untuk Italia beserta jajarannya atas dukungan dan upaya yang telah dilakukan dalam membuka peluang bisnis baru di Italia. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Italia,” ujar Didi.

Didi juga mengapresiasi pelaku usaha Indonesia yang telah melakukan penandatanganan MoU.

“Kami juga mengapresiasi upaya gigih yang telah dilakukan dalam mengembangkan bisnis di tengah masa pemulihan ekonomi saat ini,” katanya.

Sementara Dubes Esti berharap, penandatanganan MoU ini dapat menjadi pendorong bagi pelaku usaha lainnya di Indonesia untuk memasarkan produknya ke Italia.

"Diharapkan juga upaya promosi yang dilakukan bersama dengan Ditjen PEN dapat terus dilakukan di masa yang akan datang,” katanya.

Baca juga: RI-Jepang teken MoU dagang senilai 1,61 juta dolar AS di TEI

Baca juga: TEI 2021 diresmikan, Mendag optimistis capai target transaksi

Baca juga: TEI 2021 peluang hidupkan kembali kontribusi RI di perdagangan global

Baca juga: Pengusaha Ethiopia akan ikuti TEI DE 2021

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021