Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 38 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar se-Jawa Timur sepakat mendukung Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden 2024.

“Sebanyak 38 DPD se-Jatim sudah niat dan membulatkan tekad mendukung Pak Airlangga,” ujar Ketua DPD I Partai Golkar Jatim M Sarmuji di sela tasyakuran HUT Ke-57 Partai Golkar di Kantor Golkar Jatim di Surabaya, Rabu.

Dasar dukungan, kata dia, telah diputuskan pada rapat pimpinan di seluruh daerah, termasuk di tingkat provinsi hingga pusat.

Selain itu, katanya, secara sosiologis nama Airlangga Hartarto disebutnya semakin meningkat. Ini terbukti dari hasil survei salah satu lembaga belum lama ini.

Baca juga: Golkar Jatim melanjutkan program vaksinasi dosis dua

“Popularitas beliau dulu 35 persen, sekarang 60 persen lebih. Kemudian elektabilitas dulu tidak sampai satu persen, sekarang sekitar 4,5 persen. Kami yakin pada Juni 2022 popularitas dan elektabilitas beliau akan semakin meningkat,” ucapnya.

Untuk mewujudkannya, anggota DPR RI itu berkomitmen untuk terus berjuang optimal menggarap suara untuk Airlangga Hartarto dengan harapan menang pada Pemilihan Presiden 2024 semakin terbuka lebar.

“Kami akan memaksimalkan seluruh jaringan sampai tingkat 'akar rumput'. Kami sangat yakin Pak Airlangga bisa maju dan menang,” kata dia.

Disinggung tentang kriteria tokoh yang layak mendampingi Airlangga Hartarto pada Pilpres 2024, Sarmuji berharap ada nama dari Jawa Timur yang tepat dan layak.

Baca juga: Golkar Jatim bangga jika Khofifah digandeng Airlangga pada pilpres

“Tapi kami juga melihat dulu, apakah nama tersebut bisa mendongkrak dan menopang suara serta cocok diajak kerja sama,” tuturnya.

Sementara itu, pada peringatan HUT Ke-57 Golkar, digelar serangkaian acara seperti upacara dan ziarah makam sesepuh partai di Taman Makam Pahlawan Jalan Ngagel Surabaya.

Seusai upacara dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga di makam sesepuh Moch Said, yang pernah menjabat Ketua Golkar Jatim pada era Orde Baru.

Baca juga: Ketua Golkar Jatim usul Khofifah dampingi Airlangga Hartarto

Di Kantor DPD Golkar Jatim digelar tasyakuran sederhana memotong nasi tumpeng yang sebelumnya mengikuti peringatan HUT di DPP Partai Golkar secara virtual.

Sementara rangkaian acara lainnya adalah Khataman Al Quran dilanjutkan Golkar Bershalawat pada Kamis (21/10), kontes ikan cupang, lomba “Yahlal Wathan”, kompetisi Stand Up Comedy hingga wayangan.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021