Denpasar (ANTARA News) - Tim Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yang terdiri atas dua mahasiswa dan dua dosen akan mementaskan wayang pada kegiatan bertaraf internasional bertajuk "Bali Puppets Meet India Puppets" di India.

"Dua dosen, yakni I Ketut Kodi yang juga dalang wayang kulit, Sekretaris Jurusan Pedalangan I Nyoman Sukerta serta dua mahasiswa Jurusan Pedalangan, masing-masing I Bagus Brata Natyam dan I Made Sukarsa," kata Rektor ISI Denpasar, Prof Dr I Wayan Rai S di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, tim ISI Denpasar sudah berangkat ke India pada Selasa (8/2) untuk mengikuti kegiatan yang digelar "The Craft Council of India" berlangsung di Lalit Kala Academy, Chennai, selama 10 hari, 9-18 Februari 2011.

Tim kesenian Bali dalam kegiatan tersebut akan menyuguhkan pagelaran wayang kulit dengan dalang I Ketut Kodi yang dikenal sebagai sosok dalang ternama multi talenta karena memiliki suara yang khas.

Pengiriman tim kesenian tersebut ke India atas undangan dari panitia pelaksana kegiatan dan koordinator CCI sebelumnya sempat berkunjung ke ISI Denpasar untuk memantapkan keberangkatan tim ke India.

Menurut Rai, selain menunjukkan kebolehan di bidang wayang, dosen dan kedua mahasiswa itu juga akan tampil sebagai pembicara dalam sebuah seminar dengan menunjukan teknik dan cara pembuatan wayang kulit.

Selain itu juga mengadakan pementasan wayang untuk menghibur masyarakat India serta pementasan kolaborasi dengan seniman asal Kerala, Andhra Pradesh, Karnataka, Thailand.

Rai berharap, peranserta ISI Denpasar dalam kegiatan itu mampu memberikan citra positif terhadap lembaga pendidikan tinggi seni di Bali ke masyarakat internasional.

Pihaknya cukup bangga mendapat kesempatan berperanserta dalam kegiatan di India itu karena wayang merupakan bagian dari agama Hindu dan tidak bisa terlepas dari budaya India, seperti kisah Mahabharata dan Ramayana.(*)

(T.I006/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011