Kawasan Dieng menjadi salah satu sasaran prioritas dari 10.000 dosis vaksin bantuan dari Bais TNI untuk Pemerintah Kabupaten Wonosobo.
Wonosobo (ANTARA) - Para pelaku wisata di kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI di Taman Syailendra, Desa Dieng Wetan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo di Wonosobo, Rabu, mengaku bersyukur para pelaku wisata di kawasan Dieng sadar akan pentingnya vaksin COVID-19 demi menuntaskan penanganan pandemi.

Ia menyampaikan hal tersebut usai meninjau pelaksanaan vaksinasi pelaku wisata Dieng bersama staf ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Sosial Musyafa dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Wibowo.

"Kawasan Dieng menjadi salah satu sasaran prioritas dari 10.000 dosis vaksin bantuan dari Bais TNI untuk Pemerintah Kabupaten Wonosobo," katanya.

Baca juga: Pelaku usaha di Kota Malang didorong urus sertifikasi halal

Ia menyebutkan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Dieng digelar selama tiga hari pada 5-7 Oktober 2021 dengan sasaran vaksinasi sejumlah 2.120 orang.

"Khusus di Kawasan Taman Syailendra ini saya mendapat laporan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bahwa target awal hanya 300 orang, namun peminatnya membeludak sampai 420 orang sehingga Dinas Kesehatan mengirimkan tambahan sampai 120 dosis vaksin untuk memenuhi permintaan warga," katanya.

Menurut dia dengan semakin meningkatnya kesadaran warga untuk menjalani vaksinasi COVID-19, khususnya bagi para pelaku wisata, pihaknya optimistis proses menuju tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) dengan minimal cakupan vaksinasi mencapai 50 persen dari target akan dapat terwujud lebih cepat.

Ia menuturkan Pemkab Wonosobo terus mendorong warga untuk lebih sadar pentingnya vaksinasi dan mengupayakan menambah ketersediaan vaksin agar secepatnya masyarakat Wonosobo mencapai kekebalan diri terhadap COVID-19.

Baca juga: DIY perluas sasaran vaksin wisata kepada keluarga pelaku parekraf

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowop mengaku tengah mengupayakan agar seluruh pelaku wisata di kawasan Dieng mendapat vaksin COVID-19.

Selain di kawasan Taman Syailendra, katanya vaksinasi massal juga digelar di 5 desa lainnya, yaitu Sembungan, Sikunang, Parikesit, Jojogan, dan Patak Banteng.

Ia menuturkan vaksinasi bagi para pelaku wisata sangat penting mengingat saat ini objek wisata mulai dibuka meskipun secara terbatas.

"Dengan telah divaksinnya para pelaku pariwisata ini untuk mengantisipasi saat mereka nantinya harus bertemu dengan para wisatawan yang notabene berasal dari berbagai daerah, mereka telah memiliki bekal vaksin COVID-19," kata Agus.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021