Timika (ANTARA) - Kontingen Jawa Tengah dan Jambi menjadi dua tim pertama yang mengantongi medali emas dari cabang olahraga biliar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Biliar SP5 Mimika, Selasa, Jawa Tengah meraih podium tertinggi dari nomor bola 15 ganda putra, melalui pasangan pebiliar Ricky Yang/Rico Dela Wijaya.

Pada babak final, mereka mengalahkan ganda putra Sulawesi Selatan yaitu Ismail Kadir/Ahmad Riswan Adi Putra dengan menang telak 5-0.

"Kemenangan tadi karena ada keberuntungan juga. Baiknya adalah kami bisa kompak, konsentrasi, dan yang jelas kalau sudah berusaha dengan keras pasti keberuntungan akan datang sendiri," kata pebiliar Jateng, Rico Dela Wijaya menceritakan kemenangannya di Timika, Selasa.

Pada gelara PON Papua, tim biliar Jateng berambisi mempertahankan gelar juara umum yang sebelumnya didapatkan dari PON Jawa Barat 2016.

Sementara untuk medali perunggu, diterima pasangan Suprianto/Andri dari Kepulauan Riau dan Agus Deser Efendi/Wisnu Eko Marsudi dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara Jambi, menyabet emas dari nomor bola delapan ganda putra dengan mengalahkan tim biliar Kalimantan Selatan. Dalam sesi pertandingan yang berlangsung bersamaan dengan bola 15 ganda putra ini, pasangan asal Jambi yaitu Rizky/Gontor Alamsyah menundukkan Arun/Noor Hidayatullah dengan skor 6-2.

Lalu untuk medali perunggu, diamankan Erwin/Rudy S. dari Jawa Timur dan Hamka Jaya/Bachrain Rauf selaku tim tuan rumah.

Baca juga: Tim biliar Jawa Tengah targetkan juara umum PON Papua
Baca juga: Ganjar Pranowo kunjungi atlet biliar Jawa Tengah di Timika
Baca juga: 126 pebiliar PON Papua mulai bertanding di Mimika

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021