Mimika (ANTARA) - Tim bola basket 5x5 putra Sulawesi Utara meraih kemenangan kedua di PON XX Papua setelah mengandaskan perlawanan Jawa Timur dengan skor 76-72 dalam laga Pool B PON XX Papua di Mimika Sport Center, Mimika, Kamis.

Sulawesi Utara dengan mantap membalikkan keadaan setelah tertinggal pada kuarter kedua dan ketiga.

Pada kuarter pertama, Sulawesi Utara langsung memberikan kejutan kepada Jawa Timur, peraih medali perak PON 2016, dengan unggul 20-16.

Akan tetapi, pada kuarter kedua, Jawa Timur mampu menyamakan kedudukan menjadi 31-31 berkat lemparan bawah ring "big man" Muhammad Naufal.

Baca juga: Sulut tundukkan Babel 92-91 lewat babak "overtime" bola basket 5x5 

Dari sana, Jatim terus melaju. Sang kapten, Irkam Fadhil, memperlebar keunggulan Jawa Timur menjadi 35-32. Sulawesi sempat memperkecil kedudukan via Victory Lobu, tetapi Jawa Timur menutup kuarter itu dengan posisi di depan, 37-34. 

Usai jeda, Sulawesi Utara meningkatkan intensitas permainan dan membuat Jawa Timur kesulitan. Empat angka beruntun dari Luis Golung dan Kevin Tandayu mempersempit jarak ketinggalan Sulawesi Utara menjadi 51-58.

Pada kuarter pamungkas, Sulawesi Utara terus memberikan tekanan terhadap lawannya. Fernando Manangsang melepaskan lemparan tiga angka untuk membawa Sulut mengimbangi Jawa Timur 68-68.

Saat Jawa Timur memimpin 70-68, lagi-lagi tembakan tiga angka Sulut menjadi mimpi buruk. 29 detik jelang laga berakhir, lemparan luar lingkaran Brando Kosegaran melesak masuk ke ring Jawa Timur dan membawa Sulawesi Utara unggul 71-68.

Baca juga: Tim bola basket putra 5x5 Jateng kurang beruntung saat hadapi Jabar 

Poin itu menjadi momentum Sulawesi Utara untuk terus memimpin laga dan menutup pertandingan dengan kemenangan 76-72.

Fernando Manangsang tampil dominan pada pertandingan tersebut dengan membuat "double-double" untuk Sulawesi Utara, yaitu 22 poin, 10 rebound dan satu assist.

Sementara di tim Jawa Timur, Dio Saputra juga menorehkan "double-double" dengan 22 poin dan 10 rebound.

Bagi Sulawesi Utara, kemenangan atas Jawa Timur itu menjadi kemenangan kedua di Pool B PON XX Papua setelah sebelumnya, Rabu (29/9), mereka mengalahkan Kepulauan Bangka Belitung. 

Baca juga: Pebasket Bali senang pertandingan di PON XX sudah dihadiri penonton 
Baca juga: Penjagaan zona jadi kunci kemenangan tim basket putra Bali atas Papua 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021