Los Angeles (ANTARA News) - Aktris Zsa Zsa Gabor dirawat di rumah sakit Los Angeles pada Ahad (2/1) untuk menjalani amputasi sebagian kaki kanannya, kata suaminya kepada Reuters.

Zsa Zsa, yang diduga berusia 93 tahun dan kondisi kesehatannya memburuk sejak Juli --ketika tulang pinggulnya patah, telah terinfeksi luka yang belakangan jadi radang parah, kata suaminya Frederic Prinz von Anhalt, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Setelah para dokter memperingatkan ia akan meninggal kecuali kakinya diamputasi di atas lutut, Zsa Zsa "berteriak dan menjerit" bahwa ia ingin melalui Malam Tahun Baru di rumah untuk perasaan tradisional champagne dan caviar, katanya.

Ia akhirnya dibawa ke UCLA Medical Center dan disiapkan pada Ahad malam untuk menjalani operasi, katanya.

Zsa Zsa Gabor jelas menghadapi komplikasi akibat usianya tapi operasi yang berhasil dapat menambah usianya beberapa tahun lagi, kata jurubicaranya John Blanchette.

Sebagai aktris, Zsa Zsa --kelahiran Hongaria-- sangat terkenal karena perannya di film 1950-an "Moulin Rouge" dan "Lili".

Ia telah menikah sembilan kali dan pada 1989 sempat menjalani tiga hari di dalam penjara karena menampar seorang polisi Beverly Hills yang telah meminta ia menepikan kendaraannya. Zsa Zsa tak mau tunduk dan muncul dari penjara dengan keluhan mengenai makanan.

Peran pertamanya di film ialah sebagai aktris pendukung di "Lovely to Look At", yang dibintangi Red Skelton. Ia belakangan berperang di "We`re Not Married" bersama Ginger Rogers dan Marilyn Monroe.

Pada 2002, mobil yang ditumpangi Zsa Zsa mengalami kecelakaan, dan ia dirawat selama beberapa pekan. Pada 2005, ia menderita stroke, menjalani operasi pengangkatan penyumbat pembuluh darah, dan pulang beberapa pekan belakangan. Pada 2007, ia menjalani operasi yang berkaitan dengan strokenya sebelumnya, lalu menjalani operasi untuk mengobati infeksi.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011