Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat sebanyak 6,26 juta warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta sudah menjalani vaksinasi dosis pertama atau 62 persen dari total capaian vaksinasi di Ibu Kota sekitar 10,09 juta orang hingga Senin ini.

"Proporsi 62 persen merupakan warga KTP DKI dan 38 persen warga KTP non DKI," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pemprov DKI percepat penyediaan dosis vaksin di Ibu Kota

Dwi menyebutkan sebesar 38 persen atau sekitar 3,83 juta orang merupakan warga dengan KTP non DKI Jakarta telah menerima vaksin dosis pertama.

Dengan capaian itu, sekitar 2,68 juta warga dengan KTP DKI Jakarta yang belum menerima vaksin COVID-19 mengingat target vaksinasi DKI Jakarta adalah 8,94 juta.

Sementara itu, vaksinasi dosis kedua sudah tercapai 6,91 juta dengan proporsi sebanyak 64 persen warga KTP DKI dan 36 persen lainnya warga KTP non DKI.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta mengajak warga untuk melakukan vaksinasi dan dapat langsung ke tempat vaksinasi.

Baca juga: Persentase positif COVID-19 di DKI capai 2 persen dalam sepekan

Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, warga disarankan mendaftar daring melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

Dengan mendaftar daring, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri, sekaligus bisa melakukan pemeriksaan kesehatan pendahuluan dalam tes daring

Untuk warga KTP dari luar DKI Jakarta, tetapi berdomisili di DKI Jakarta membawa keterangan domisili diperoleh dari petugas RT, tidak harus dari ketua RT dan bagi pekerja di DKI Jakarta yang KTP dari luar DKI, membawa keterangan dari tempat kerja.

Baca juga: Capaian vaksinasi di enam kelurahan DKI di atas 80 persen

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021