London (ANTARA News) - Ribuan warga Kota Athena dan warga asing lainnya memadati stand Indonesia pada the 11th International Christmas Bazaar yang diselenggarakan di Helexpo Palace, Athena.

"Stand Indonesia yang menampilkan keanekaragaman produk mampu menyedot ribuan pengunjung," ujar Sekretaris dua KBRI Athena Widya Sinedu kepada ANTARA London, Selasa.

Barang bermotif batik seperti kemeja, baju, sarung, selendang, wayang, dompet, topeng, sandal, kipas, tas, tatakan gelas dan aksesoris lainnya yang dipromosikan oleh KBRI, sangat diminati pengunjung.

Stand Indonesia yang didekorasi dengan burung jetayu, kain dan payung Bali serta kain batik dan pakaian tradisional menjadi semakin semarak melalui kegiatan yang dipadukan bersama promosi makanan khas Indonesia.

Aneka makanan seperti pempek, nasi goreng, mie goreng, bakso, sate ayam dan kambing, kue spring roll, kue lapis legit, onde-onde, rempeyek dan kerupuk serta aneka minuman dengan harga murah terjual habis sebelum acara berakhir.

Para pengunjung yang diperkirakan mencapai 5.000 orang juga dimanjakan dengan penampilan Tari Yapong yang dibawakan dengan lincah oleh lima mahasiswa dan pelajar Indonesia di Athena.

Lenggak lenggok penari dengan kostum warna warni khas Betawi dan diiringi oleh lagu tradisional, mendapat sambutan hangat dan diliput oleh TV swasta Yunani.

Kegiatan bazaar natal internarnasional terbesar di Athena dimanfaatkan juga sebagai ajang promosi bea siswa Dharmasiswa dan berbagai daerah tujuan wisata di Indonesia yang dikemas dalam brosur Visit Indonesia 2011.

Untuk menarik turis asal Yunani, KBRI Athena bekerja sama dengan Singapore Airlines dan agen perjalanan Tradewind Hellas di Athena menawarkan paket wisata murah ke Bali dan Lombok termasuk akomodasi lima hari di hotel berbintang lima dengan harga mulai dari 690 Euro.

Penyelenggaraan The 11th International Christmas Bazaar yang dimulai pada pukul 10.00 tersebut tidak pernah sepi pengunjung mulai dari acara pembukaan hingga di penghujung acara.

Bazaar diikuti 38 Kedutaan Besar di Athena antara lain India, Pakistan, Jepang, RRT, Rusia, Turki, beberapa negara-negara anggota Uni Eropa, Amerika Latin, Afrika dan Timur Tengah serta sejumlah lembaga swasta.

Negara peserta memanfaatkan ajang ini untuk mempromosikan produk unggulan dan sebagai sarana untuk memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata masing-masing kepada para pengunjung.

Christmas Bazaar tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 1999 oleh Yayasan Friends of the Child Yunani bekerja sama dengan para Kepala Perwakilan Asing di Athena/istri Duta Besar.

Partisipasi KBRI Athena pada Christmas Bazaar merupakan yang ke-8 kalinya. Hasil kegiatan bazaar akan disumbangkan kepada lembaga Friends of the Child.

Lembaga Friends of the Child dibentuk pada tahun 1987 guna membantu anak-anak yang kurang mampu di Yunani dengan menyediakan dana untuk membiayai berbagai keperluan seperti pengobatan/operasi, pendidikan, liburan, penghargaan, dan lain sebagainya.

Partisipasi Indonesia pada bazaar selain memperkenalkan berbagai produk dan mempromosikan seni budaya dan pariwisata juga menunjukkan kepedulian Indonesia dalam membantu penggalangan dana bagi anak-anak Yunani yang kurang mampu. (*)(T.H-ZG/R007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010