Palembang (ANTARA News) - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menanyakan kesiapan Sumsel menggelar SEA Games XXVI tahun 2011 dalam konferensi video dengan Gubernur H Alex Noerdin pada penanaman pohon satu miliar se-Indonesia, di Jakabaring, Palembang, Minggu.

Presiden yang berada di Jatiluhur, Jawa Barat, meminta Provinsi Sumsel menjadi penyelenggara SEA Games yang sukses, bahkan mengungkapkan keinginannya agar Indonesia dapat menjadi juara umum pada event bergengsi di Asia Tenggara itu.

Presiden juga mengutarakan bahwa Indonesia baru saja mengikuti ajang Asian Games XVI di Guangzhou, Cina, dan Indonesia harus puas pada peringkat 15.

Sementara, pada SEA Games XXV di Laos tahun 2009 lalu, berada pada peringkat ke-3.

"Bagaimana dengan persiapan Sumsel untuk menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011 mendatang, apakah semua sudah siap? Saya berharap SEA Games nanti Indonesia menjadi juara umum. Apakah Gubernur Sumsel siap untuk target juara umum?" tanya presiden kepada Gubernur Sumsel.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menjawab optimistis pelaksanaan SEA Games mendatang berjalan sukses.

"Sumsel optimis Indonesia bisa menjadi juara umum, perlu juga kami laporkan bahwa di komplek olahraga Jakabaring saat ini sedang dibangun 11 venues baru untuk beberapa cabang olahraga," jawab Alex.

Dia melanjutkan, saat ini, pengerjaan menggunakan sistem shift sehingga dikerjakan selama 24 jam.

"Ditargetkan, pada bulan April atau paling lambat bulan Juli tahun depan, semua venues sudah selesai dibangun dan dapat segera diuji coba," jelas Alex.

Alex menambahkan, untuk mencapai target juara umum pemerintah harus menyediakan sarana dan prasarana berstandar internasional kepada para atlet nasional.

"Sumsel siap bertanggung jawab dalam bidang sarana dan prasarana. Sementara, mengenai prestasi, yang lebih bertanggung jawab adalah KONI, Kemenegpora, dan pengurus besar cabang olahraga," kata Alex. (*)

ANT/A020/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010