Jenewa (ANTARA News/AFP) - Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa mendesak pendanaan darurat bagi Haiti atas kekurangan pembiayaan dalam membantu negara itu mengatasi wabah kolera.

Penyumbang hanya mengumpulkan 6,8 juta dolar dari 164 juta dolar, yang diperlukan PBB pada permohonan sepuluh hari lalu, kata juru bicara Kantor PBB untuk Bidang Koordinasi Kemanusiaan, Elisabeth Byrs.

"Pendanaan masih sangat kurang. Keadaan sangat mendesak dalam hitungan jam. Wabah itu tidak menanti dan terus melanjutkan penyebarannya," kata Byrs.

Ia menambahkan bahwa perlengkapan bantuan dan pengobatan harus disediakan kembali secepatnya serta perawat -yang kelelahan- membutuhkan waktu istirahat.

Sekitar 130 warga dibutuhkan untuk menjalankan pusat perawatan kolera dengan 100 tempat tidur, kata dia.

Menurut pemerintah Haiti, kolera masih terus menyebar di pulau tersebut, tempat 23.377 warga dirawat dan 1.344 lagi tewas akibat penyakit itu.

Sejumlah 36 pusat perawatan kolera digerakkan di Haiti, dengan 61 satuan kecil membantu upaya mereka.

PBB juga menekankan bahwa memberi penyuluhan kepada masyarakat mengenai penyakit juga penting dilakukan, karena beberapa orang, termasuk wanita hamil, menolak berkunjung ke rumah sakit akibat takut tertular kolera. (BPY/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010