Kami akan melindungi pertandingan yang akan dibuka besok hingga akhir dan membimbing mereka menuju kesuksesan
Jakarta (ANTARA) - Ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo, Senin, berjanji untuk mengambil semua tindakan yang dapat dilakukan untuk membuat Paralimpiade aman dari virus corona bagi para peserta dan masyarakat Jepang.

"Kami akan melindungi pertandingan yang akan dibuka besok hingga akhir dan membimbing mereka menuju kesuksesan," kata Seiko Hashimoto, dikutip dari Kyodo.

Hashimoto mengatakan komite akan memperkuat tindakan pencegahan virus corona lebih ketat dari Olimpiade, karena alasan kondisi kesehatan yang mendasari Paralimpiade.

Baca juga: Penyelenggara Paralimpiade Tokyo perketat protokol COVID-19

Jumlah kasus harian COVID-19 meningkat sekira tiga kali lipat di Tokyo sejak dimulainya Olimpiade pada 23 Juli, dan masyarakat Jepang tetap khawatir untuk melanjutkan Paralimpiade selama krisis kesehatan global.

Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Andrew Parsons, menyatakan keyakinannya bahwa aturan keselamatan akan diikuti oleh atlet dan ofisial, dan dia menekankan bahwa pertandingan dapat diadakan tanpa membahayakan kesehatan mereka atau masyarakat Jepang.

"Salah satu pertanyaan yang cukup sering saya tanyakan adalah, bisakah kita menggelar pertandingan yang aman? Dan jawabannya adalah iya," kata Parsons.

"Kami tidak akan berada di sini jika kami tidak percaya bahwa kami dapat memberikan permainan yang aman."

Paralimpiade Tokyo, yang ditunda selama satu tahun karena pandemi virus corona, akan menampilkan sekitar 4.400 atlet, sementara pertandingan akan diadakan tanpa penonton sebagai bagian dari upaya lebih lanjut untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Penyalaan api Paralimpiade digelar di Tokyo tanpa penonton

IPC mengatakan 161 negara dan wilayah, selain tim pengungsi, akan bersaing dalam pertandingan yang berlangsung selama 13 hari hingga 5 September.

Mempertimbangkan keadaan saat ini, IPC mengatakan angka tersebut "luar biasa" mengingat jumlah tim Paralimpiade terbesar adalah 164 di London pada 2012 dan jumlah itu tiga lebih banyak dari Paralimpiade sebelumnya di Rio de Janeiro lima tahun lalu.

Lima delegasi, termasuk Bhutan dan Paraguay, akan melakukan debut mereka, namun beberapa negara tidak dapat mengirim atlet mereka karena kesulitan perjalanan yang disebabkan oleh pandemi, menurut IPC.

Atlet dari Afghanistan tidak dapat berada di Tokyo setelah Taliban kembali menguasai negara itu, tetapi bendera mereka akan dimasukkan dalam upacara pembukaan di Stadion Nasional sebagai "tanda solidaritas," kata Parsons.

Dia mengatakan seorang perwakilan dari Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) akan membawa bendera tersebut ke dalam stadion.

Baca juga: Rumah sakit di Tokyo kewalahan jelang Paralimpiade Tokyo
Baca juga: IPC sebut tak ada cara aman bawa atlet Afghanistan ke Tokyo

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021