Jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi dari jalan tol metropolitan Jabodetabek, merupakan bagian juga dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR)
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer, Senin (23/8), yang merupakan bagian dari proyek infrastruktur Enam Ruas Tol Dalam Kota Jakarta.

“Jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi dari jalan tol metropolitan Jabodetabek, merupakan bagian juga dari lingkar dalam Jakarta dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR),” kata Presiden Jokowi di Gerbang Tol Cakung, Jakarta, Senin.

Presiden Jokowi mengharapkan dengan selesainya segmen tol Kelapa Gading-Pulo Gebang ini, distribusi logistik akan semakin baik dan meningkatkan daya saing kegiatan dan produk ekonomi domestik.

Ruas tol Kepala Gading-Pulo Gebang ini akan terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan kawasan ekonomi khusus (KEK) Marunda, Jakarta Utara.

Dua wilayah tersebut merupakan sentra ekonomi dan jalur perdagangan strategis. Dengan begitu, dengan adanya ruas tol baru ini, diharapkan mobilitas masyarakat dan juga barang akan semakin lancar.

“Sehingga akan memperkuat daya saing kita sehingga utamanya mobilitas orang semakin baik, mobilitas barang antara Jakarta dan sekitarnya akan semakin baik,” ujar Presiden Jokowi.

Adapun pembangunan segmen tol Kepala Gading-Pulo Gebang telah dimulai sejak Februari 2017.

Tol Dalkot Kelapa Gading-Pulo Gebang yang termasuk 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta merupakan Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No.56 Tahun 2018.

Secara keseluruhan 6 Ruas Tol ini membentang sepanjang 69,77 km dengan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT).

Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap yakni tahap 1 sepanjang 31,2 km terdiri dari Seksi A Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 km, Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 km, dan Seksi C Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 km. Nilai investasi pembangunan tahap 1 sebesar Rp 20,73 triliun dengan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO).

Turut hadir dalam peresmian Tol Dalkot Kelapa Gading-Pulo Gerbang itu di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Bank DKI pastikan penggunaan JakCard untuk akses tol dalam kota

Baca juga: Sistem tilang elektronik akan mulai diterapkan di tol dalam kota

Baca juga: Pengamat: Jalan tol harus kembali ke "khitah" jalan bebas hambatan

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021