Jakarta (ANTARA) - Untuk pertama kalinya esport resmi dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, dengan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) meluncurkan platform Garudaku sebagai persiapan laga tersebut.

Sekretaris Jenderal Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ade Lukman berharap masuknya esport sebagai cabor eksibisi dapat menjaring bibit-bibit atlet esport di seluruh Indonesia.

"Kita ketahui bersama bahwa PON merupakan ajang kompetisi multievent terbesar tertinggi dan paling bergengsi di Indonesia. Dan, kami bangga bahwa esport bisa dipertandingkan secara ekshibisi sehingga pada PON berikutnya 2024 di Sumatera Utara dan Aceh, esport sudah berhak untuk menjadi cabang olahraga yang resmi dipertandingkan," kata Ade dalam konferensi pers virtual, Rabu.

KONI Pusat juga mendorong seluruh potensi daerah di 34 provinsi di Indonesia agar berlatih, bersaing dan juga bertanding untuk dapat mengikuti kompetisi yang dapat dipersiapkan ke kompetisi yang lebih tinggi.

Baca juga: Garena gandeng Esports Star Indonesia hadirkan turnamen Free Fire

"Kami yakin bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa bicara sampai ke level podium baik itu di SEA Games, Asian Games, maupun di tingkat dunia," ujar Ade.

Sebagai langkah awal penyelenggaraan eksibisi esport PON XX Papua, PB ESI merilis platform digital khusus yang dinamai Garudaku yang akan digunakan mulai dari proses pendaftaran hingga teknis penyelenggaraan.

"PB ESI telah memiliki platform komunitas resmi sebagai sarana pendataan pemain, atlet, klub atau tim, akademi hingga kompetisi," kata Ketua Harian PB ESI Komisaris Jenderal Pol. Bambang Sunarwibowo dalam pernyataan yang dibacakan oleh Sekjen PB ESI Frenky Ong.

"Platform tersebut dapat diakses pada halaman web Garudaku.com, platform Garuda ini adalah merupakan karya anak bangsa yang juga akan digunakan untuk proses pendaftaran dan kegiatan kompetisi eksibisi esport PON XX di Papua."

Baca juga: Call of Duty Mobile Major Series Season 5 memasuki babak akhir

Platform Garudaku

Selain dari untuk mengumpulkan seluruh data atlet esport di Indonesia, Wakil Bendahara Umum PBESI Diana Sutrisno mengatakan platform tersebut nantinya akan berfungsi sebagai pusat data base seluruh pemangku kepentingan esport di Indonesia.

Pendataan menjadi penting, menurut Diana, karena sejauh ini esport dikelola secara mandiri melalui masing-masing pengembang game sehingga dengan pendataan tersebut diharap menjadi bekal untuk pembinaan yang lebih baik.

"Seperti diketahui PON ini pesta olahraga rakyat yang mengikuti ini bukan teman-teman dari kota besar saja tapi dari 514 kabupaten yang saat ini terdapat dalam jaringan PB ESI juga, jadi besar harapannya kita bisa menjangkau lebih banyak atlet," kata Diana.

"Dan teman-teman yang akhirnya bisa didata dan diklasifikasikan berdasarkan daerah asal mereka masing-masing, hal ini memudahkan juga untuk pembinaan atlet-atlet daerah yg lebih berprestasi kemudian harinya."

Dalam platform tersebut, Diana menjelaskan, terdapat sejumlah fitur utama. Salah satunya komunitas yang dapat menjadi wadah pengelolaan tidak hanya komunitas daerah tetapi juga komunitas-komunitas yang sudah ada.

Baca juga: Kiat Baim Wong usir kejenuhan saat pandemi COVID-19

Ada pula fitur turnamen di mana masing-masing daerah dan komunitas bisa mengelola dan mengembangkan ajang prestasi mereka masing-masing untuk mengembangkan esport.

"Nantinya menerbitkan kartu esport Indonesia, di mana seluruh atlet Indonesia memiliki satu nomor induk yang nantinya bisa digunakan untuk banyak hal," kata Diana.

Esport di PON XX Papua, yang akan mulai dipertandingkan pada 22 September, menjadi salah satu cabang olahraga dari 10 cabang olahraga yang akan mengikuti eksibisi PON Papua.

Pada eksibisi esport tersebut akan ditandingkan tiga nomor pertandingan dengan genre game battle royale, moba dan sepak bola.

Nomor pertandingan battle royale dan moba akan dilakukan secara beregu dan tim pada platform mobile, sementara untuk sepak bola dilakukan baik secara perorangan maupun ganda pada platform konsol.

Baca juga: RANS Esport gabung divisi 1 Free Fire Master League Season IV

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021