Karawang (ANTARA News) - Masyarakat Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendatangi tempat pemungutan suara terdekat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) setempat, Minggu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Emay Ahmad Maehi, berharap seluruh masyarakat yang tercantum dalam daftar pemilih tetap menggunakan hak pilihnya, karena hal itu penting untuk menentukan kepala daerah dan wakilnya hingga lima tahun ke depan.

Menurut dia, pelaksanaan Pilkada dibiayai oleh uang rakyat atau APBD, karena itu masyarakat Karawang diharapkan memanfaatkan momentum Pilkada, dengan menggunakan hak pilihnya.

Pantauan ANTARA, masing-masing calon bupati menggunakan hak pilihnya di tempat tinggal masing-masing.

Calon bupati Eli Amalia Priatna mencoblos di TPS 21, calon bupati Ade Swara mencoblos di TPS 06, calon bupati Karda Wiranata mencoblos di TPS 26, calon bupati Endang Warsa di TPS 15, dan calon bupati Sonny Hersona mencoblos di TPS 14.

Pada Pilkada Karawang 2010, dari 1.590.723 pemilih terdaftar atau daftar pemilih tetap, KPU setempat menyiapkan 2.996 TPS di 30 kecamatan sekitar Karawang, termasuk diantaranya TPS khusus di rumah sakit, lembaga pemasyarakatan, dan lain-lain.

Dari 1.590.723 pemilih terdaftar tersebut, sebanyak 776.577 laki-laki dan pemilih perempuan sebanyak 775.348 orang.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju pada Pilkada Karawang terdapat lima pasang. Satu pasangan calon dari jalur perseorangan dan empat pasangan calon lainnya dari partai politik.

Empat pasang calon bupati dan wakil bupati dari partai politik ialah Eli Amalia Priatna-Endang Abdullah (Partai Hanura, PKB, PPP, dan PBR), Karda Wiranata-Deden Darmansah (PDIP), Sonny Hersona-Dadang S Muchtar (Partai Golkar dan PAN), serta Ade Swara-Cellica Nurachadiana (Partai Demokrat, Gerindra, PBB, dan PKS).

Satu pasang calon bupati dan wakil bupati lainnya dari jalur perseorangan ialah Endang Warsa-Agustia Mulyana.
(T.KR-MAK/A035/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010