Jakarta (ANTARA) - Perayaan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia tahun ini masih dibatasi akibat pandemi COVID-19, namun masyarakat masih bisa merayakannya di rumah bersama keluarga dengan bermain game-game seru bertema nasionalisme.

ANTARA menghimpun beberapa game bertema nasionalisme yang dapat meningkatkan semangat cinta Tanah Air sebagai bangsa Indonesia.

"Diponegoro - Tower Defense"
Tangkapan layar game "Diponegoro - Tower Defense" di Playstore (Game Lokal Indonesia)


Sesuai namanya, game besutan developer Game Lokal Indonesia ini mencoba memperkenalkan Pangeran Diponegoro saat berjuang di medan perang melawan Belanda.

Latar tempat game ini berada di Jawa dan menjadikan sosok Pangeran Diponegoro sebagai karakter utama. Pemain harus bisa bertahan dan menaklukan musuh yang merupakan kompeni Belanda. Game ini terdiri dari 18 level tingkat kesulitan dengan tantangan yang berbeda.

"Bambu Runcing"
Tangkapan layar game "Bambu Runcing" di Playstore (Playground SMK Telkom Malang)


Sama seperti game "Diponegoro - Tower Defense", game "Bambu Runcing" juga mengangkat cerita tentang perlawanan terhadap penjajah. Namun, game ini dikemas dengan lebih sederhana.

Game besutan Playground SMK Telkom Malang ini menjadikan bambu runcing sebagai senjata utama yang digunakan pemain untuk melawan penjajah.

Menariknya, di dalam game "Bambu Runcing" juga terdapat komik sejarah yang bisa menambah wawasan mengenai perjuangan para pahlawan.

"Merah Putih - Belajar Sejarah Indonesia Merdeka"
Tangkapan layar game "Merah Putih - Belajar Sejarah Indonesia Merdeka" di Playstore (ARFA Media)


"Merah Putih - Belajar Sejarah Indonesia Merdeka" merupakan game edukasi yang dapat menambah pengetahuan dan memahami sejarah Nusantara hingga terbentuknya Indonesia.

Cara bermainnya sangat sederhana, pemain harus menjawab pertanyaan seputar sejarah Indonesia saat bertemu musuh. Jika jawaban benar, maka pemain dapat melanjutkan permainan. Tapi jika salah, poin akan berkurang.

Game besutan ARFA Media ini sangat cocok dimainkan bersama seluruh keluarga. Para orang tua dapat memberikan pemahaman mengenai sejarah Indonesia kepada anak-anak melalui game ini.

"Balap Karung Pintar"
Tangkapan layar game "Balap Karung Pintar" di Playstore (3ID Team)


Permainan balap karung telah menjadi salah satu ciri khas masyarakat Indonesia saat merayakan Hari Kemerdekaan. Namun, ada yang berbeda jika Anda bermain balap karung melalui game "Balap Karung Pintar".

"Balap Karung Pintar" besutan 3ID Team ini mengharuskan pemain menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar sejarah Indonesia sambil lomba balap karung.

"Juragan Wayang: Funny Heroes"
Tangkapan layar game "Juragan Wayang: Funny Heroes" di Playstore (Binarystudio 54)


Sesuai namanya, game "Juragan Wayang: Funny Heroes" mengangkat salah satu kebudayaan Indonesia, yaitu wayang, dengan beragam karakter seperti Gatot Kaca, Petruk, Gareng, dan Bagong yang mengenakan pakaian tradisional Jawa.

Selain itu, ada juga karakter jagoan legendaris seperti Gundala, Pitung, Wiro Sableng, dan Si Buta dari Gua Hantu. Bahkan, karakter warga kampung, hantu, hingga selebriti juga dihadirkan dalam game ini.

Dalam game besutan Binarystudio 54​​​ ini, pemain akan menjadi dalang dan memilih karakternya sendiri. Para karakter akan berbaris di sisi kanan dan kiri kemudian bertempur dengan senjata yang unik seperti bola tenis hingga sapu lidi.

Game "Diponegoro - Tower Defense", "Bambu Runcing", "Merah Putih - Belajar Sejarah Indonesia Merdeka", "Balap Karung Pintar", dan "Juragan Wayang: Funny Heroes" dapat diunduh di Playstore.

Baca juga: Tokyo Game Show 2021 kesempatan tunjukkan kualitas game Indonesia

Baca juga: Pengembang game Indonesia ikuti Gamescom & Tokyo Game Show 2021

Baca juga: 3 Indonesia beri promo "gaming" hingga "streaming" film saat Ramadhan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021