Guangzhou (ANTARA News) - Kontingen Indonesia berada di urutan kesepuluh di belakang kontingen India dan di depan kontingen Iran pada defile peserta upacara pembukaan pesta olahraga Asian Games ke-16 di Guangzhou, China, Jumat malam.

Informasi ini diperoleh dari Posko Kontingen Indonesia di Guangzhou, China, Jumat pagi.

Indonesia menyertakan 60 atlet dan ofisial pada upacara pembukaan yang akan berlangsung mulai pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB. Delapan dari 60 atlet dan ofisial akan naik perahu yang merupakan bagian dari atraksi upacara pembukaan.

Atlet boling putra peraih medali emas Asian Games 2006 Doha, Qatar, Ryan Lalisang, dipilih menjadi pembawa bendera kontingen Indonesia.

Semula tugas ini akan diemban atlet bola voli pantai putra Ade Chandra R. Ade dipilih karena dia merupakan atlet muda harapan Indonesia pada masa depan pelapis seniornya semisal Andy Ardiansyah dan Koko Prasetyo Darkuncoro.

Ade yang saat ini baru berusia 18 tahun diharapkan dapat menjadi ikon kebangkitan generasi muda atlet Indonesia penerus prestasi para senior mereka. Ade kemudian ditempakan sebagai cadangan Ryan.

Perahu yang dinaiki kontingen Indoneisa dan 44 perahu kontingen negara lainnya akan melintasi Sungai Mutiara dalam defile peserta tersebut.

Anggota kontingen Indonesia lainnya akan berdefile di darat, yaitu di Pulau Haixinsha. Upacara pembukaan ini berlangsung di dua panggung, yakni di sungai dan di darat.

Delapan anggota kontingen Indonesia tersebut akan naik perahu dengan mengenakan pakaian adat dari delapan provinsi di Indonesia. Di antaranya pakaian adat Aceh, Sumsel, dan Betawi.

Pada prinsipnya pakaian adat yang digunakan dipilih yang sederhana dan cepat dikenakan mengingat jadwal para atlet dan ofisial yang cukup ketat terkait dengan persiapan pertadingan dan keperluan lainnya.

Anggota kontingen Indonesia yang berdefile di darat akan mengenakan baju putih, jas biru, celana panjang krem, dengan peci hitam.

Rombongan akan menuju tempat upacara dari perkampungan atlet pada pukul 17.30 waktu setempat dan diperkirakan tiba di tempat kumpul peserta pukul 18.20 sebelum diarahkan memasuki arena upacara pembukaan.

Rombongan peserta defile baru akan memasuki tempat upacara pembukaan pada pukul 20.25. Urutan peserta defile akan disusun berdasarkan abjad.

Di urutan terdepan kontingen Afghanistan, diikuti kemudian oleh kontingen Bahrain dan Bangladesh. Indonesia di urutan kesepuluh di belakang kontingen India dan di depan kontingen Iran. Kontingen tuan rumah China akan memasuki lapangan upacara pembukaan pada urutan 45 atau yang terakhir.

Puncak acara upacara pembukaan akan ditandai dengan penyulutan kaldron dengan api yang telah diarak keliling daratan China. Namun sampai sejauh ini panitia penyelenggara masih merahasiakan bagaimana api disulutkan ke kaldron Asian Games Ke-16 Guangzhou. Penyulutan kaldron dilakukan pada pukul 21.42.

Upacara pembukaan tersebut juga dimeriahkan dengan atraksi budaya yang menampilkan tari dan lagu. Acara akan ditutup sekitar pukul 22.50 ditandai dengan atraksi kembang api.
(ANT-133/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010