Jakarta (ANTARA) - Pemerintah DKI Jakarta mengapresiasi program bantuan Korindo untuk memberdayakan warga lanjut usia (lansia) melalui bimbingan cara membudidayakan lele di wilayah Jakarta Selatan.

"Bersama Forum CSR DKI Jakarta, kita akan terus berkolaborasi dan bersinergi agar Jakarta bisa maju kotanya dan bahagia warganya,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut Anies, kegiatan para lansia tersebut berdampak positif dan produktif melalui wadah membudidayakan lele.

Pada dua tahun lalu, Korindo melalui Yayasan Korindo mendapatkan penghargaan "Padmamitra+ Awards" atas program pertanian kota (urban farming) di Pengadegan, Jakarta Selatan.

Yayasan Korindo memperoleh penghargaan pada kategori "Program Sosial yang Memberikan Dampak Berkelanjutan"

"Padmamitra+ Awards" diberikan untuk perusahaan yang sudah ikut andil dalam membangun Jakarta melalui kegiatan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR). Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Anies Baswedan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah pun mendapatkan bantuan penyaluran hasil produksi oksigen Korindo melalui PT Korindo Ariabima Sari (KABS).

Bupati Nurhidayah menceritakan, wilayah Kobar kini sedang mengalami kelangkaan oksigen sehingga bantuan dari KABS akan sangat berdampak signifikan.

Nurhidayah menyebutkan, pihaknya bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan uji kelayakan oksigen produksi KABS dan hasilnya telah memenuhi kriteria. Kerja sama distribusi oksigen ini akan berlangsung selama tiga bulan mendatang.

Baca juga: Ikut andil bangun Jakarta, sejumlah perusahaan dianugerahi Padmamitra+ Awards 2019
Baca juga: Anies minta RT hingga PKK pantau lansia untuk antisipasi COVID-19
Dokumentasi - Anies Baswedan bersilaturahmi dengan warga Kampung Rawa Lele, Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (7/11/2016). (ANTARA/Dewanto Samodro)
Bagian usaha Korindo, PT Korintiga Hutani (KTH) membangun jalan penghubung antara Desa Nanga Mua dengan Kelurahan Pangkut untuk meningkatkan perekonomian di wilayah Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Pemkab Bogor menganugerahi piagam penghargaan untuk Yayasan Korindo sebagai pelaku tanggung jawab sosial dan lingkungan yang telah berperan dalam pembangunan di Kabupaten Bogor periode 2019-2020.

Piagam ditujukan untuk program pembangunan Hutan Kota Pakansari, Cibinong. Di atas lahan seluas dua hektare (ha), Korindo merubah area kosong tak terpakai menjadi ruang terbuka hijau yang rindang ditanami pohon "Eucalyptus deglupta".

Sekretaris Jenderal Yayasan Korindo Seo Jeong Sik memastikan pihaknya akan semakin aktif untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat sebagai tanggung jawab perusahaan.

Salah satu tindak lanjut yang dilakukan adalah rencana pembangunan hutan kota di lahan bekas Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Pondok Rajeg, Bogor. Saat ini, Divisi Afforestation Korindo sedang melakukan uji kelayakan untuk memastikan kesesuaian tanaman yang akan ditanam dengan karakteristik lahan.

Korindo berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat, lingkungan dan pemerintah melalui "Corporate Social Contribution" (CSC) telah dijalankan selama lebih dari 50 tahun perusahaan menjalankan kegiatan ekonomi di Indonesia.

Program kontribusi perusahaan terhadap masyarakat dari Korindo ini menyentuh lima pilar, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur hingga ekonomi.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021