Jakarta (ANTARA) - Petugas Polres Pelabuhan Tanjung Priok secara proaktif menyebarluaskan imbauan tentang wajib vaksinasi melalui penempelan stiker pada beberapa tempat.

Salah satu bentuk amplifikasi kewajiban vaksinasi itu dengan penempelan stiker warna kuning dengan tulisan "Saya Telah Vaksin, Vaksin Aman dan Halal, #Indonesiabebascovid-19" di rumah warga, warung makan, bahkan "odong-odong", dan kapal nelayan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara.

Baca juga: Pedagang Pasar Koja Baru terapkan penjualan secara daring selama PPKM

"Tiap hari bertambah (penempelan stiker) karena kami pasang bertahap sembari mengimbau warga disiplin prokes," ujar Kepala Polres Pelabuhan Tanjung Priok Ajun Komisaris Besar Polisi Putu Kholis Aryana saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan penempelan stiker itu juga untuk memberikan rasa aman bagi tetangga, para pelanggan warung, bahkan penumpang odong-odong di masa pandemi COVID-19 ini.

Penempelan stiker ini telah dilakukan mulai Senin kemarin hingga saat ini. Pemilik warung, pemilik kapal, supir odong-odong, bahkan pedagang kaki lima, sangat antusias berpartisipasi dalam mensukseskan program vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, sehingga turut ambil bagian dalam sosialisasi melalui penempelan stiker.

Baca juga: Petugas gabungan tempelkan stiker belum vaksin di Kebayoran Lama

Selain menempel stiker, di Pasar Ikan Muara Angke juga dipasang spanduk wajib vaksinasi bagi pedagang dan warga yang beraktivitas di tempat tersebut. Spanduk warna kuning itu tampak kontras sehingga mudah terlihat dari dermaga tempat bongkar muat kapal nelayan.

Wakil Kepala Polres Pelabuhan Tanjung Priok Komisaris Polisi Yunita Natallia Rungkat mengatakan spanduk itu juga terpasang di sejumlah titik lainnya sebagai bentuk amplifikasi kewajiban vaksinasi bagi seluruh pekerja dan warga di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

"Jadi di beberapa lokasi sudah kami laksanakan sosialisasi dan amplifikasi. Kami sudah pasang, mungkin teman-teman sudah lihat, spanduk bagi seluruh pekerja yang ada di wilayah Pelabuhan Muara Angke, wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Priok, wajib tervaksinasi," ujar Yunita.

Baca juga: Odong-odong jemput ABK di dermaga Pelabuhan Muara Angke ikut vaksinasi

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021