Soreang (ANTARA News) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran berhasil mengendalikan kobaran api dalam peristiwa kebakaran yang melanda pabrik tiner di Kampung Cijagra, Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin.

Menurut sejumlah saksi, kebakaran mulai diketahui sekitar pukul 14.00 WIB, diawali dengan keluarnya kepulan asap hitam yang disusul kobaran api dan langsung membumbung, melebihi atap pabrik.

"Api pertama kali diketahui dari bagian ruang karyawan yang berada di bagian belakang pabrik," kata Satpam pabrik tiner tersebut, Imron.

Beberapa lama kemudian tiga unit kendaraan pemadam kebakaran dari Kabupaten Bandung datang, disusul dengan kendaraan pemadam kebakaran dari Kota Bandung dengan jumlah yang sama.

Upaya pengendalian kobaran api tersebut dibantu juga satu unit kendaraan pemadam kebakaran dari Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung yang langsung berupaya memadamkan api, bersama enam unit pemadam kebakaran lainnya.

"Saya dengar, kebakaran terjadi karena ada percikan api dari puntung rokok ke kaleng cat, kemudian api merembet ke sekitar ruangan pabrik," ujar Apih, warga setempat.

Kapolsek Katapang AKP Santika Ernawati yang berada di lokasi sekitar kejadian menyebutkan, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan diperkirakan kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah.

"Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, karena masih dilakukan penyelidikan di tempat kejadian," kata Santika, kepada wartawan.

(ANT-156/Y008/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010