Jakarta (ANTARA News) - Koordinator Visi Indonesia 2033 Andrinof A Chaniago mengatakan pihaknya siap untuk memperdebatkan usulan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

Hal ini diungkapkan Chaniago kepada ANTARA, Kamis, menanggapi penolakan sejumlah pengusaha terhadap usulan memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

"Tim Visi Indonesia 2033 siap melayani perdebatan dengan para pengusaha, atau pihak manapun, yang menentang pemindahan ibu kota ke Kalimantan, asal media berkenan memperlakukan masing-masing dengan adil," katanya.

Ia mengatakan, pemindahan ibu kota ke Kalimantan dapat menyelamatkan kehancuran ekologis Pulau Jawa. Selain itu juga mendirikan ibu kota baru yang ramah lingkungan.

Ia mengatakan, penolakan beberapa pengusaha terhadap usul pemindahan ibu kota tersebut menunjukkan sikap mementingkan diri sendiri dan tidak peduli dengan peningkatan kualitas pembangunan.

"Mereka (sejumlah pengusaha) adalah orang yang tidak mendukung agenda mewujudkan pertumbuhan yang berkualitas dan berkeseimbangan seperti yang diamanatkan pasal 33 UUD 1945," katanya.

Ia juga menyatakan, pemindahan ibu kota diperlukan untuk mengurangi "gelembung" ekonomi di Jakarta yang saat ini terus mengembang terutama dari sektor properti dan keuangan.

Oleh karena itu, penolakan sejumlah pengusaha tersebut, menurut dia, akan memelihara "gelembung" ekonomi yang sewaktu-waktu bisa menjadikan krisis ekonomi.
(M041/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010