Johannesburg (ANTARA News) - Tuan rumah Afrika Selatan "tidak takut pada siapa pun" di Piala Dunia, kata Carlos Alberto Parreira setelah tim asuhannya merampungkan program pemanasan pra-turnamen itu dengan kemenangan atas Denmark akhir pekan lalu.

Pelatih asal Brasil itu mengatakan Bafana Bafana, yang berperingkat ke-83 di dunia dan sebelumnya dinyatakan sebagai tim tuan rumah terburuk dalam 70 tahun sejarah Piala dunia, telah menunjukkan diri mereka sendiri siap untuk turnamen tersebut, yang akan dimulai Jumat.

"Setiap orang harus menghormati kami dan kami tidak takut pada siapa pun," kata Perreira. Afrika Selatan dalam persiapan Piala Dunia mengalahkan Denmark 1-0 di Pretoria, Sabtu, seperti diberitakan Reuters.

"Saya yakin tim tersebut telah menunjukkan diri siap menghadapi Piala dunia. Kami akan mengikuti turnamen tersebut dengan keyakinan dan kini kami dapat memulaiimpian mengenai suatu posisi, tentang mencapai sesuatu," kta mantan pemenang Piala Dunia tersebut.

Gol Katlego Mphela di saat-saat terakhir pertandingan menjadikan Afrika Selatan meraih tiga kemenangan beruntun dan 12 pertandingan tanpa terkalahkan sejak Parreira kembali melatih tim tersebut November tahun lalu.

"Ini merupakan kemenangan sangat khusus, karena melawan suatu tim baik yang banyak pengalamanan. Kami bermain dengan keyakinan dan menunjukkan bahwa kami akan berkompetisi.

"Jalan yang kami pilih untuk Piala dunia terbukti merupakan jalan yang benar. Para pemain mempunyai visi bahwa mereka dapat bermain bola di lapangan, mempertahankan bentuk, dan terorganisasi secara baik."

Afrika Selatan akan membuka Piala dunia melawan Meksiko di stadion soccer City dan Parraera segera meramalkan keberhasilan tim asuhannya di pertandingan pertma turnamen tersebut.

"Meksiko membuktikan bahwa mereka merupakan tim yang sangat baik.

Kami masuk dalam grup yang sulit dan kami harus menganggap setiap pertandingan sebagai pertandingan final. Tetapi, kompetisi tersebut terbuka dan kami akan memasukinya dengan keyakinan. Afrika Selatan juga akan bertandng melawan Uruguay dan Prancis dalam grup mereka.(S005/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010