Jakarta (ANTARA) - Miliuner Richard Branson akan pergi ke luar angkasa 11 Juli nanti, mendahului Jeff Bezos yang juga berencana sama.

Branson, dikutip dari Reuters, Jumat, akan ikut penerbangan uji coba dengan pesawat ulang-alik VSS Unity buatan Virgin Galactic Holdings Inc.

VSS Unity akan menjadi salah satu pesawat angkasa komersial.

Branson akan terbang lebih dulu dari pendiri Amazon Jeff Bezos, yang dijadwalkan pada 20 Juli nanti bersama saudara laki-lakinya Mark dan perempuan pilot Wally Funk.

"Virgin Galactic berada di garda terdepan industri ruang angkasa komersial, yang akan membuka jalan bagi umat manusia dan mengubah dunia untuk selamanya," kata Branson, dalam pernyataan resmi dari Virgin Galactic.

Misi perjalanan ini menjadi uji coba terbang ke-22 bagi VSS Unity dan akan menjadi penerbangan ke empat dengan awak.

Virgin Galactic merencanakan dua uji coba lagi sebelum melayani penerbangan komersial pada 2022 mendatang.

Taipan teknologi sedang berlomba-lomba pergi ke ruang angkasa karena perjalanan ke luar angkasa diyakini bisa menjadi arus utama di kalangan orang-orang super kaya.

Teknologi terbaru untuk ke luar angkasa sudah teruji dan biaya pun turun. Pimpinan SpaceX, Elon Musk, yang juga membuat mobil swakemudi Tesla, juga berencana ke luar angkasa, namun, belum memiliki jadwal yang pasti.

Baca juga: Saudi investasi semiliar dolar AS di perusahaan wisata antariksa

Baca juga: Miliarder Richard Branson tak takut kepada Badai Irma

Baca juga: Airbus buat 900 satelit untuk koneksi Internet supercepat

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021