Pamekasan (ANTARA News) - Sebanyak 890 calon haji (calhaj) asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis, berangkat ke Tanah Suci.

Calhaj yang akan berangkat hari ini merupakan calhaj dari dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 85 dan kloter 86 dari total 3 kloter calhaj asal Kabupaten Pamekasan.

"Kalau kloter 88 masih akan berangkat Sabtu (21/11)," kata Kepala Kantor Departemen Agama (Depag) Pamekasan, Abd. Wahid, Kamis.

Ia mengatakan, ke-890 calhaj asal Pamekasan ini akan berangkat sekitar pukul 13.00 WIB dari masjid agung As-Syuhada, yang dilepas oleh Bupati Pamekasan Kholilurrahman.

Mereka akan berangkat dengan 20 bus dengan kawalan dari aparat kepolisian dari Mapolres Pamekasan.

Menurut Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan, Kompol Bambang Sulastro, pihaknya menerjunkan sebanyak 250 personel guna memberangkatkan para calhaj asal Kabupaten Pamekasan tersebut.

Calhaj asal Pamekasan yang akan menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun ini berasal dari 19 kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) di Kabupaten Pamekasan.

"Jumlah total calhaj Pamekasan kali ini sebanyak 1.059 orang," kata Abd. Wahid.

Jumlah jemaah haji yang menunaikan ibadah ke Tanah Suci kali ini lebih sedikit dibanding jumlah jemaah haji tahun lalu. Sebab waktu itu jumlah ibadah haji dari 19 KBIH yang ada di Pamekasan ini mencapai 1.400 orang. (*)

Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009