Jakarta (ANTARA News)- Lambang sepasang sayap dengan huruf B di tengahnya telah lama menjadi simbol kemewahan dari Bentley tetapi kali ini, karena ornamen itu juga, pabrikan kendaraan kelas atas asal Inggris itu harus menelan rasa malu.

Seperti yang dikutip Daily Mail, Kamis (23/9), karena cemas simbol yang  terpasang pada bagian depan kendaraannya bisa mencelakai pejalan kaki ketika terjadi tabrakan, maka Bentley memutuskan untuk menarik 1500 unit produknya.

Penarikan itu akan melingkupi model Arnage, Azure, dan Brooklands keluaran Oktober 2006 sampai Oktober 2009. Model-model paling top dari jajaran produksi Bentley itu bernilai antara 183.000 sampai 250.400 Poundsterling.

Para pemilik kendaraan itu, salah satunya bek tengah klub sepak bola Inggris, Manchester United, Rio Ferdinand, harus membawa mobilnya ke dealer resmi Bentley untuk perbaikan yang memakan waktu satu jam.

Bentley mengungkapkan belum ada laporan korban cedera terkait masalah itu. Dealer Bentley menjelaskan bahwa mekanisme peredam getaran yang terletak di bawah ornamen itu gampang berkarat dan tidak bekerja seperti seharusnya.

Otoritas keamanan lalu lintas Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration atau NHTSA) dalam laman resminya juga mengatakan kerusakan itu bisa membahayakan pejalan kaki ketika terjadi tabrakan.

"Penarikan itu terkait dengan permasalahan yang lebih teoritis yakni jika terjadi benturan idealnya ornamen itu akan secepat mungkin masuk ke dalam tetapi dalam beberapa peristiwa ternyata tidak demikian," tulis NHTSA.

Bentley pertama kali diciptakan pada 1919 dan dimiliki oleh perusahaan Jerman, Volkswagen.

Lambang 'B bersayap' pertama kali diperkenalkan pada akhir 1920-an ketika W O Bentley beroperasi di Cricklewood, di utara London, Inggris.

Bertahan sampai tahun 1970an, lambang itu di ditarik karena khawatir akan membahayakan, tetapi kemudian muncul kembali pada 2006 dilengkapi dengan 'retractable mechanisme'.

Meski mempunyai reputasi sebagai mobil mewah, penarikan itu bukan yang pertama atau yang terbesar dalam sejarah Bentley.

Juni 2008 silam, pabrikan itu sebenarnya telah menarik 33000 unit kendaraanya karena adanya kerusakan pada 'filter' dari model Continental GT, GT Speed, Flying Spur, dan GTC produksi Desember 2003 sampai Maret 2008.

Model Arnage dan Azure sebelumnya juga pernah ditarik para 2007 terkait kerusakan pada baut penahan yang bisa menyebabkan ban terlepas dengan sendirinya.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010