Palembang (ANTARA News) - Konsultan teknis acara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI tahun 2011 di Sumatera Selatan Denny Malik akan menggelar seleksi pelatih tari di Palembang, Senin (30/8).

Denny yang dihubungi dari Palembang, Minggu, mengatakan, akan merekrut 30 pelatih tari pada seleksi itu yang akan diberikan tugas melatih 50 orang penari sekaligus.

"Saya membutuhkan asisten untuk memudahkan kerja dan koordinasi mengingat acara pembukaan dan penutupan melibatkan setidaknya 2.000 orang pementas. Dengan memakai 30 pelatih tari artinya 1.500 penari sudah terurusi," ujar dia.

Dia mengatakan, saat ini tim pelaksana acara pembukaan dan penutupan SEA Games sedang dalam tahap pematangan konsep tarian yang akan digunakan.

Konsep itu direncanakan rampung pada akhir Oktober 2010, sehingga pada akhir November 2010, para pelatih tari sudah bisa mengajarkan tarian yang akan digunakan kepada anak asuhnya.

"Setelah para penari mengusai materi tarian pada bulan November 2010, maka pada bulan Desember direncanakan latihan gabungan seluruh penari secara reguler," ucap dia.

Dia menambahkan, penari yang dibutuhkan tidak sebatas pada penari tarian tradisional, tapi juga penari musik hip-hop yang sesuai dengan trend anak muda saat ini.

"Para pelatih tari yang akan dipilih adalah mereka yang bisa bekerja sama dalam tim, karena nantinya mereka diberikan kepercayaan untuk memilih sendiri penarinya," kata dia.

Denny berharap, maksud dan tujuannya menggelar seleksi pelatih tari itu tidak diartikan sebagai bentuk ketidakpercayaan terhadap potensi yang dimiliki seniman Sumsel.

"Seleksi ini guna mendapatkan pelatih tari yang benar-benar mau berkomitmen. Saya yakin seniman-seniman di Sumsel sudah bisa ditampilkan dan dapat diberikan suatu tanggungjawab," tegas dia. (ANT-039/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010