Garut (ANTARA News) - Direktur Keuangan PT Pertamina M Afdal Bahaudin menyerahkan bantuan pengembangan infrastruktur dan pendidikan senilai Rp3,8 miliar untuk masyarakat di sekitar wilayah operasi Pertamina Geothermal Kamojang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bantuan itu diterima Sekda Kabupaten Bandung Ir H Sopian Nataprawira MP dalam acara yang digelar di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Minggu, bersamaan dengan sosialisasi penggunaan elpiji (LPG).

Afdal dalam sambutan serah terima mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk tali asih dari perusahaan dan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami tidak menutup mata, Pemerintah masih menghadapi kendala dalam pembangunan sehingga menjadi kewajiban kami untuk membantu melalui program CSR atau kewajiban perusahaan kepada masyarakat di daerah operasi kami," katanya.

Ia juga berharap, masyarakat terus mendukung kegiatan operasi Pertamina di wilayah Kamojang, Kabupaten Bandung.

Sementara Sekda Bandung mengucapkan terima kasih atas bantuan Pertamina yang bermanfaat untuk mendukung program kesehatan, pendidikan dan peningkatan ekonomi di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

"Semua bantuan itu selaras dengan program Pemerintah Daerah yang memprioritaskan pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah berkeinginan meningkatkan angka harapan hidup, menurunkan angka kematian ibu dan anak serta meningkatkan kesadaran akan pola hidup sehat.

Demikian juga infrastruktur jalan hotmix sepanjang 4,8 kilometer yang dibangun Pertamina, menurut Sopian, sudah lama menjadi dambaan masyarakat di Desa Ibun dan diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Bantuan yang diserahhterimakan itu berupa fasilitas umum senilai Rp2,59 miliar yaitu hotmix jalan Ibun-Patrol sepanjang 4,8 kilometer, pembangunan pondok pesantren Ar-Rohman Desa Mekar langit, renovasi Puskesmas Pembantu Desa Laksana, renovasi SD Pesanggrahan dan renovasi MCK Umum.

Sementara bantuan bidang pendidikan yaitu renovasi empat sekolah dasar yang meliputi SD Kamojang, SD Sukakarya, SD Tanjungkarya II, dan SD Samarang, secara keseluruhan senilai Rp612 juta.

Kemudian pemberian beasiswa kepada 200 siswa mulai SD, SMP dan SMA dengan besaran bantuan masing-masing Rp600 ribu, Rp900 ribu dan Rp1,8 juta selama satu tahun, serta perlengkapan belajar senilai Rp434 juta kepada sekolah, pesantren dan PKMBN An-nur.

Selain memberikan bantuan, pada kesempatan yang sama juga dilakukan sosialisasi penggunaan LPG yang aman kepada warga serta penukaran peralatan selang dan regulator LPG yang sudah rusak. Melalui sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat semakin paham dalam menggunakan LPG secara baik dan benar.

Pemberian bantuan dan sosialisasi LPG tersebut merupakan rangkaian kunjungan direksi Pertamina dalam rangka Safari Ramadhan 1431 Hijriah. Dalam Safari Ramadhan, direksi Pertamina mengunjungi langsung unit-unit operasi untuk berbagi pengalaman dan memotivasi pekerja agar terus memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan negara.
(B013/N002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010