Ambon (ANTARA News) - Pelaksanaan Sail Banda 2010 dipastikan menaikkan angka kunjungan wisatawan di Maluku, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku, Florence Sahusilawane, kepada ANTARA News di Ambon, Rabu.

"Dengan kegiatan internasional seperti ini, tentu saja menaikkan jumlah kunjungan ke Maluku, terutama Kota Ambon," ujarnya.

Florence menjelaskan, hingga Mei 2010, jumlah kunjungan di provinsi tersebut mencapai 3.000 orang dan angka tersebut masih akan terus meningkat.

"Kami melakukan penghitungan jumlah kunjungan per triwulan dan hingga Mei sudah 3.800 wisatawan yang berkunjung ke sini," katanya.

Menurut dia, dengan pelaksanaan kegiatan pelayaran Sail Banda di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon dan Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, jumlah kunjungan ditargetkan mencapai 6.000 hingga 7.000 orang.

"Berdasarkan hitungan kasar, jumlah anggota kapal USNS Mercy yang datang saja sekitar 1.000 orang, belum ditambah peserta Sail Banda dan pendukung acara ataupun wisatawan yang hanya datang berkunjung untuk menyaksikan acara ini," kata Florence.

Ia mengatakan, kegiatan pelayaran berskala internasional itu tidak hanya akan menaikkan angka kunjungan wisatawan di Maluku pada saat itu, tetapi juga akan mengembalikan kepercayaan dunia bahwa daerah tersebut aman untuk didatangi sehingga kunjungan wisatawan akan terus meningkat.

"Selain keindahan alam dan budaya, keamanan juga menjadi alasan bagi wisatawan untuk mengunjungi Maluku," katanya menambahkan.
(T.KR-IVA/N002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010