"Pusat vaksinasi ini merupakan wujud komitmen Shopee dalam mendukung upaya pemerintah, Kemenkes, dan Dinkes untuk menekan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat,
Jakarta (ANTARA) - Platform (e-commerce) Shopee menghadirkan pusat vaksinasi di Kota Bandung sebagai upaya membantu pemerintah Indonesia dalam mempercepat pemulihan ekonomi akibat COVID-19 dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Pusat vaksinasi ini merupakan wujud komitmen Shopee dalam mendukung upaya pemerintah, Kemenkes, dan Dinkes untuk menekan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat," ujar Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hadirnya pusat vaksinasi ini terwujud atas kerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Bandung.

Adapun pemberian vaksin diutamakan kepada aparatur sipil negara dan pelayan publik yang merupakan garda terdepan dan pemegang peranan penting dalam menggerakkan roda perekonomian Jawa Barat.

"Selain Aparatur Sipil Negara, para Pelayan Publik dari berbagai profesi juga diutamakan, seperti petugas di bidang perhubungan, petugas kebersihan, tenaga pengajar, para pekerja sektor pariwisata di Jawa Barat, dan banyak lagi," ujar Handhika.

Lewat kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Shopee menargetkan pemberian 20.000 dosis vaksin. Proses penyelenggaraan dilakukan bertahap untuk dua dosis vaksin, yaitu pemberian dosis pertama pada 5-10 April 2021, dan dosis kedua pada 3-8 Mei 2021.

Pusat Vaksinasi Shopee dibuka sejak tanggal 5 April 2021 mulai pukul 08.00 - 16.00 dan bertempat di Kiara Artha Park, Kota Bandung. Calon penerima vaksin harus mendaftar melalui aplikasi Shopee dan penjadwalan terstruktur secara online.

Langkah ini dilakukan meminimalisir kerumunan dan menjalankan proses pemberian vaksin secara teratur. Shopee juga menyediakan ruang tunggu dengan pengaturan jarak sosial, serta ruang Mini ICU yang dilengkapi dengan dokter ahli, berbagai perlengkapan medis, dan ambulans yang siap sedia jika terjadi keadaan darurat.

"Inisiatif ini merupakan bentuk kontribusi Shopee untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi Indonesia," tutur Handhika.

Baca juga: Shopee bersama Kodam IX Udayana bangun pompa air di NTT
Baca juga: UMKM harus melek digital untuk bertahan di era pandemi

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2021