Medan (ANTARA) - Bank Indonesia menyebutkan sebanyak 480 ribuan bilyet Uang Peringatan Kemerdekaan RI ke-75 (UPK-75/Rp75.000) sudah beredar di tengah masyarakat dari 2 juta lembar jatah kantor perwakilan Medan, Sumatera Utara.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, Soekowardojo, di Medan, Rabu, mengatakan dari total secara nasional sebesar 75 juta bilyet UPK -75 yang dicetak, Sumut mendapatkan 3,6 juta bilyet.

Sebanyak 3,6 juta lembar UPK-75 untuk Sumut itu disalurkan ke masyarakat melalui tiga kantor perwakilan BI yakni Medan, Pematangsiantar dan Sibolga.

Baca juga: BI prediksi kebutuhan uang di Sumut pada Ramadhan Rp2,6 triliun

Baca juga: BI Sumut gelar 'Ngopi Enak" dukung Gernas BBI


Dia mengatakan itu usai memberi penghargaan kepada lima bank yang menyebarkan UPK-75 terbesar di Sumut. Lima bank itu yakni Bank Mandiri, Bank Mestika, BCA, Danamon dan Bank Mayapada.

Dia menjelaskan untuk BI Kantor Perwakilan Medan mendapat jatah dua juta. Dari dua juta itu, sudah terserap/ditukar masyarakat sebanyak 480 ribuan bilyet.

"BI berharap perbankan bisa terus meningkatkan penyebaran UPK-75 itu," ujarnya seraya menambahkan untuk mendapatkan UPK- 75 itu, prosedurnya semakin mudah.

Satu orang atau satu Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa menukarkan hingga 100 lembar dalam satu hari.

"UPK -75 merupakan alat pembayaran yang sah seperti uang rupiah lainnya. Momentum Idul Fitri 2021 diharapkan bisa meningkatkan peredaran uang Rp75. 000 itu," tutur Soekowardojo berharap.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021