Jakarta (ANTARA) - Video klip "Gangnam Style" yang dibawakan oleh penyanyi pria asal Korea Selatan Psy pada Minggu (7/3) mencetak sejarahnya di platform YouTube dengan tembus 4 miliar kali ditonton.

Melansir dari Soompi, Gangnam Style merupakan video musik berbahasa Korea pertama yang menyentuh angka 4 miliar kali ditonton di platform milik Google itu.

Pencapaian yang didapat oleh pelantun lagu "Gentleman" dan "Daddy" itu pun diumumkan lewat instagram resmi miliknya @42psy42.

Baca juga: Psy akhiri kontrak dengan YG

Lagu "Gangnam Style" termasuk salah satu lagu yang membawa budaya Korea Selatan dapat mendunia lewat "Korew Hallyu" pada 2012.

Membutuhkan waktu 8 tahun, 7 bulan, dan 20 hari agar pencapaian 4 miliar penonton diraih oleh penyanyi dari Negeri Ginseng itu.

Pada 2012, "Gangnam Style" menjadi populer secara global berkat gerakan yang ikonik "tarian berkuda" khas Psy.

Lagu "Gangnam Style" merupakan lagu utama dalam album "Psy Six" dan mengisahkan kehidupan warga di distrik Gangnam, Seoul yang glamor dan berbiaya tinggi.

Baca juga: "Gangnam Style" turun dari puncak YouTube setelah 4,5 tahun

Pada 2012, video itu sempat menyentuh angka 1 miliar penonton karena menjadi populer secara global.

Dalam video tersebut terdapat beberapa bintang Korea Selatan yang terkenal dan berperan sebagai cameo seperti HyunA, Yoo Jae Suk, dan Noh Hong Chul.


_______

Baca juga: Psy "Gangnam Style" akan luncurkan album baru Juli

Baca juga: Psy bantah terlibat skandal YG

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021