Jakarta (ANTARA) - Puluhan orang lanjut usia (Lansia) rela mengantre untuk mendaftar vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kembangan, Jakarta Barat, Minggu.

Camat Kembangan Joko Mulyono menyebutkan terjadi antusiasme warga lansia untuk mendaftar secara daring melalui situs yang terdaftar di Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Jadi banyak sekali yang mendaftar, sehingga hari pertama ini jumlah yang datang cukup besar," kata Joko.

Lansia yang antre mendaftar vaksinasi COVID-19 di RSUD Kembangan mengular hingga ke luar jalan, hal itu terlihat dari video yang tersebar luas melalui media sosial.

Joko membenarkan, jumlah lansia yang datang mendaftar vaksinasi COVID-19 di RSUD Kembangan melebihi kapasitas rumah sakit tersebut.

Joko menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat untuk mengantisipasi antrean berulang.

"Untuk kegiatan vaksin selanjutnya undangannya agak dibatasi sesuai kapasitas RSUD Kembangan dan jam datangnya kita atur agar tidak bergerombol datangnya," ujar Joko.

Joko menambahkan siap membantu Sudin Kesehatan Jakarta Barat dan mensukseskan program vaksinasi untuk lansia dan kejadian antrean panjang tidak terulang.

"Kita siapkan tenda, personel dan lain-lainnya, semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar," tutur Joko.

Dalam video berdurasi 57 detik tersebut, pengambil video menginformasikan antrean sudah terjadi sejak jam 05.00 WIB dan nomor antrean hingga urutan ke-157.

Namun lansia yang mengantre untuk mendaftar vaksinasi COVID-19 menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker lengkap dengan pelindung wajah (face shield) dan menjaga jarak.

Program vaksinasi pemerintah pusat telah memasuki tahap II bagi lansia mendapat giliran divaksin dengan target 21 juta orang seluruh Indonesia.

Baca juga: Ini harapan lansia Jakarta Utara usai divaksin COVID-19
Baca juga: RSUD Tanjung Priok mulai vaksinasi lansia di Jakarta Utara
Baca juga: Pendaftaran vaksin COVID-19 lansia via WhatsApp? Ini faktanya!

Pewarta: Laily Rahmawaty/Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021