Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melantik Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara masa jabatan 2021-2024.

Baik Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw mengenakan baju dinas gubernur warna putih dengan masker kain juga berwarna putih mengucapkan sumpah jabatan dengan dibimbing oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya berjanjibahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa. Kiranya Tuhan menolong saya," kata Olly dan Steven mengucapkan janji jabatan di Istana Negara Jakarta, Senin.

Sebelum mengucapkan sumpah Olly dan Steven terlebih dahulu menerima surat Keputusan Presiden Nomor 21/P Tahun 2020 tanggal 9 Februari 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Masa Jabatan Tahun 2021—2024 di Istana Merdeka.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Dewan Pengawas SWF Indonesia

Dari Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta Olly Dondokambey, Steven OE Kandow beserta pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP melakukan kirab sederhana bersama menuju Istana Negara bersama dengan paspampres dengan tetap menjaga jarak satu sama lain.

Pelantikan itu dihadiri oleh undangan terbatas sekitar 20 orang termasuk Mendagri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta pejabat terkait lainnya.

Setelah mengucapkan janji jabatan, Olly dan Steven melakukan foto bersama dan menerima ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.

Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Utara menetapkan Olly Dondokambey-Steven Kandouw sebagai pemenang Pilkada Sulut 2020 pada 21 Januari 2021

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Olly Dondokambey-Steven Kandouw meraih suara 821.503 suara atau 57,10 persen.

Keduanya unggul atas pasangan nomor urut 1, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar yang meraih 491.457 suara atau 34,17 persen, dan paslon nomor urut 2 Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Runtuwene yang meraih 125.627 Suara 8,73 persen.

Dalam pilkada Sulut 9 Desember 2020 terdapat total suara sebesar 1.462.605 dengan rincian suara sah sebanyak 1.438.587 dan suara tidak sah sebanyak 24.018 atau mencapai 79,84 persen dari jumlah pemilih di Sulut.

Baca juga: Cak Nanto harap Gubernur Olly ayomi dan terus jaga kerukunan di Sulut

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021