Penemuan ini merupakan hasil yang signifikan karena dulu bisa berhari-hari
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan titik jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ 182 ditemukan dan tim gabungan kini memfokuskan pencarian kotak hitam atau “black box”.

“Penemuan ini merupakan hasil yang signifikan karena dulu bisa berhari-hari,” kara Menhub Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Minggu.

Menhub memastikan pihaknya akan melakukan penyelesaian pencarian baik itu kotak hitam maupun pada korban dengan cepat.

“Saya mengampaikan rasa bangga kepada seluruh tim baik itu dari TNI/Polri, Basarnas, KNKT, namun saya juga menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya saudara-saudara kita,” kata Menhub Budi Karya

Baca juga: Tim gabungan temukan bagian pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Dalam kesempatan sama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya akan menyiapkan crane untuk mengambil potongan-potongan badan pesawat yang besar.

“TNI Angkatan Laut bersama Basarnas mengambil potongan-potongan SJ 182. Bagian-bagian kecil kita ambil, bagian besar akan kita datangkan crane untuk mengangkat bagian-bagian tersebut,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto mengatakan pihaknya akan mendatangnya alat untuk menangkap sinyal kotak hitam SJ 182.

Baca juga: Naik KRI John Lie, Menhub tinjau lokasi ditemukannya serpihan SJ 182

“Kita sekarang sudah mengetahui posisi black box tadi. KNKT menerima alat ping finder segera akan dilaksanakan pencarian mudah-mudahan tidak terlalu lama. Kami konsentrasi mencari black box dan mengevaluasi. Hari ini mudah-mudahan tidak terlalu lama black box kita temukan,” katanya.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, atau 11 nautical mile dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang-Banten.

Pesawat teregistrasi PK-CLC jenis Boeing 737-500 itu jatuh saat akan menanjak ke ketinggian 13.000 kaki dari permukaan laut.

Baca juga: Menhub paparkan kronologi pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak
 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021