Memang sesuatu yang tidak mudah. Oleh karena itu, pemerintah akan terus bekerja keras, terus bekerja keras mengendalikan kasus COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) optimistis bahwa Indonesia akan bangkit dan melahirkan banyak inovasi pada 2021.

Dalam pernyataan pers menyambut 2021 yang diunggah Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis, Presiden Jokowi mengatakan perekonomian telah pulih secara bertahap dan akan berlanjut di 2021.

Investasi baru juga terus masuk Indonesia dan akan menggerakkan sektor industri serta kegiatan ekonomi lainnya, Masuknya aliran investasi dan laju pemulihan ekonomi itu akan meningkatkan kesempatan kerja dan kesejahteraan masyarakat.

"Memasuki tahun 2021, saya yakin negara kita Indonesia mampu bangkit dan melakukan banyak inovasi. Pemulihan perekonomian setahap demi setahap telah membaik," ujarnya.

Namun, ujar dia, bukan berarti permasalahan sudah selesai. Satu syarat terpenting untuk menuntaskan masalah pandemi ini dengan menghentikan penularan COVID-19.

Baca juga: Sultan HB X: Rayakan Tahun Baru 2021 dengan refleksi diri di rumah

Jika pandemi COVID-19 dapat dihentikan, kata dia, proses pemulihan di berbagai aspek akan terus berjalan.

“Memang sesuatu yang tidak mudah. Oleh karena itu, pemerintah akan terus bekerja keras, terus bekerja keras mengendalikan kasus COVID-19,” ujar dia.

Salah satu kerja keras pemerintah itu, ujar Presiden Jokowi, vaksinasi yang akan dimulai pada pertengahan Januari 2021 untuk mencapai kekebalan komunal di Indonesia atau herd immunity.

“Sehingga penyebaran COVID-19 bisa kita hentikan,” ujar Presiden.

Kepala Negara meminta masyarakat tetap berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Semua orang, semua orang harus disiplin, taatilah protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Jangan lengah, jangan menganggap remeh,” ujar dia.

Baca juga: Gubernur Sumut minta kepala daerah cegah kegiatan malam tahun baru
Baca juga: Pemprov Jatim berlakukan jam malam saat Tahun Baru
Baca juga: Psikolog: Perlu persiapan diri hadapi tantangan tahun baru


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020